Berita Kota

Heboh, Ular Piton 3 Meter Bersarang Di Lubang Pondasi Rumah Warga Berbas Pantai

tim dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang 3 meter di lubang bawha rumah warga berbas pantai (foto:dok disdamkartan)
tim dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang 3 meter di lubang bawha rumah warga berbas pantai (foto:dok disdamkartan)

Bontang. Warga Berbas Pantai Bontang Selatan dihebohkan dengan kehadiran seekor ular jenis piton dengan panjang 3 meter. Ular piton tersebut ditemukan di bawah rumah salah seorang warga di Jalan Gatot Subroto RT 24 Berbas Pantai.

Tim dari Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan berhasil mengevakuasi ular tersebut pada sabtu dinihari (12/1/2019) pukul 02.50 WITA, setelah sebelumnya mulai melakukan penangkapan sejak pukul 23.20 WITA.

Menurut Koordinator Damkar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan bahwa sebelumnya ular jenis piton tersebut terlihat di parit, lalu kemudian masuk ke dalam lubang yang menembus pondasi salah satu rumah warga. Petugas bersusah payah untuk menangkap ular piton ini, sebab lubang bersarang reptil cukup dalam dan sempit, sehingga cukup menguras tenaga petugas.

“Dengan seizin pemilik rumah, akhirnya kami melakukan pembongkaran bagian lantai, agar bisa mengevakuasi ular piton itu,” ujar Norman.

Kehadiran ular piton ini diduga telah lama bersarang di rumah warga, bahkan menurut warga sekitar, ular tersebut beberapa kali terlihat, dan naik ke plafon rumah.

Ular piton sepanjang 3 meter yang berhasil dievakuasi selanjutnya diserahkan ke Balai Taman Nasional Kutai (TNK).

Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan mengimbau kepada warga Bontang agar segera melapor jika mendapati satwa liar seperti halnya ular dan tidak melakukan penangkapan secara mandiri.

“Penanganan ekstrim yg dilakukan Damkar Bontang jangan ditiru karena semua yg dilakukan sudah diperhitungkan, mereka juga memiliki jam terbang tinggi dalam melakukan evakuasi ular,” tandas Norman. (*)

Laporan : Yulianti Basri

Click to comment
To Top