Pendidikan

Hari Pertama PPDB, SDN 003 Bontang Utara Diserbu Pendaftar

penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SDN 003 Bontang Utara (Foto: Mansur)
penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SDN 003 Bontang Utara (Foto: Mansur)

Bontang. Sekitar 70 wali murid calon peserta didik baru memadati SD 003 Bontang Utara, guna mendaftarkan putra-putrinya sekolah. Senin, 25 Juni 2018 mulai pukul 08.00 Wita.

Sebelum pendaftaran para orangtua calon siswa baru diberikan pengarahan panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB), terkait aturan dan tatacara pendaftaran dan penerimaan tahun ajaran 2018/2019.

Dikatakan panitia PPDB SD 003 Bontang Utara Ahmad Basuki, berdasarkan aturan Dinas Pendidikan, PPDB tahun ini berbeda dari sebelumnya. Dimana untuk menentukan penerimaan siswa, tidak lagi menggunakan sistem Bina Lingkungan maupun Afirmasi, melainkan berdasarkan usia dan zona.

Sebagai syarat utama, para pendaftar diwajibkan membawa berkas seperti Akte Lahir, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Menuju Sehat (KMS) yang akan diinput dalam sistem sebagai pendaftar murid baru oleh petugas sekolah.

“Setelah itu sistem secara otomatis akan memilah calon murid sesuai kriteria,” katanya.

Sementara Ketua PPDB SD 003 Paryoto, menyebtu PPDB tingkat SD akan berlangsung selama sepekan, mulai 25 Juni hingga 30 Juni 2018. Kecuali 27 Juni libur karena ada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim.

“Tahun ini SD 003 akan menerima 96 murid baru. Yakni 90 anak reguler dan 6 kuota untuk anak berkebutuhan khusus (ABK),” ujarnya.

Pengumuman kelulusan siswa dilaksanakan pada 2 Juli 2018. Bagi peserta yang ingin mengetahui jurnal PPDB, dapat dilakukan secara online setiap hari melalui website: bontang.siap-ppdb.com milik Dinas Pendidikan Kota Bontang.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top