Berita Kota

Gelontorkan Milyaran, Pupuk Kaltim Antarkan Ribuan Orang Mudik Gratis

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana melepas para peserta mudik gratis dengan menyematkan topi kepada salah satu peserta (foto: humas Pupuk Kaltim)

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali tahun ini memberikan kemudahan untuk warga Bontang yang ingin mudik ke kampung halamannya dengan program mudik gratis BUMN bersama Pupuk Kaltim yang menelan anggaran sebesar Rp.1.560.000.000.

Dan pada Sabtu (25/5/2019) dini hari, Pupuk Kaltim melepas peserta mudik gratis jalur laut melalui pelabuhan Loktuan dengan kappa KM. Binaiya tujuan Barru, Sulawesi Selatan. Pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana, yang didampingi Wakil Wali Kota Basri Rase beserta jajaran Managemen Pupuk Kaltim lainnya.

Dalam sambutannya, Bagya Sugihartana mengatakan melalui program mudik gratis tersebut yang sekaligus dalam rangka menyambut idul fitri 1440H, BUMN ingin memastikan bahwa perusahaan BUMN hadir dalam melayani masyarakat dihari besar keagamaan.

“Selain sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan, program ini sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan dijalan raya selama mudik lebaran 2019,”ungkapnya.

Dijelaskan Bagya bahwa dalam program mudik gratis tersebut tercatat ada sebanyak 3.557 tiket yang diberikan Pupuk Kaltim kepada masyarakat. Tiket-tiket tersebut terdiri dari 3.116 tiket  kapal laut untuk tujuan Makasar, Barru, dan Surabaya, serta 441 tiket  bus untuk tujuan Balikpapan dan Banjarmasin.

“Program mudik gratis ini pun diharapkan dapat terus berlanjut di tahun–tahun berikutnya, oleh karena itu Pupuk Kaltim terus memohon doa dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat Bontang, agar pada saat ini dan seterusnya pupuk kaltim dapat beroperasi dengan baik. Sehingga dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar perusahaan,” pungkasnya.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Kota Bontang, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi kegiatan mudik gratis yang telah dua tahun ini dilakukan oleh Pupuk Kaltim.

“Saya berharap program ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya, dengan kegiatan ini kita dapat melihat kontribusi yang telah dan terus diberikan oleh Pupuk kaltim kepada masyarakat kota Bontang dan sekitarnya,” harapnya.

Pada pelepasan mudik gratis tersebut, Pupuk Kaltim memberangkatkan sebanyak 901 peserta. Dan sebelumnya pada tanggal 21 Mei 2019, Pupuk Kaltim juga telah memberangkatkan ratusan peserta mudik gratis kloter pertama menuju Barru, Sulawesi Selatan.

Untuk pemberangkatan peserta mudik gratis dengan menggunakan moda transportasi darat akan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2019 mendatang.

Laporan: Mansyur | Yahya

 

 

Click to comment
To Top