Berita Kota

Gelar Pemilihan Ketua OSIS, SMK YKPP Gunakan E-Voting

salah saeroang siswa ykpp memasukan pilihan ketua osisnya melalui sistem E-Voting (foto: tim liputan pktv)

Bontang. Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Karya Pembangunan Pendidikan (SMK YKPP) Tanjung Laut, pada Sabtu (16/11/2019) menggelar pemilihan Ketua OSIS periode 2019 – 2020.

Seperti pada pemilihan secara demokratis kegiatan diawali dengan penjaringan bakal calon, penyampaian visi misi serta pemilihan.

Menariknya, pemilihan ketua osis kali ini menggunakan sistem E-Voting atau pemilihan berbasis web secara online, yang diharapkan dapat menjadi bekal siswa-siswi di masa akan datang.

Kepala SMK YKPP Sahrir menjelaskan bahwa layanan tersebut menggunakan perangkat elektronik untuk memberikan suara, dan mampu melakukan pengiriman data langsung dari perangkat komputer tempat pemilihan ke komputer server sehingga memudahkan dalam proses penghitungan.

Tidak hanya itu, hasil penghitungan juga relatif cepat dan akurat. Keunggulan lain dari layanan ini, yakni dapat meminimalisir kesalahan dan mendeteksi jika ditemukan adanya rekayasa suara.

“Sebelum menyalurkan hak suaranya dalam memilih kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, para siswa diwajibkan untuk menginput User ID sesuai ID Card siswa dan password masing-masing. Usai menekan tombol submit, para siswa pun diwajibkan untuk keluar dari sistem dengan memilih tombol log out, dan pemilihan pun selesai. Nantinya pilihan para siswa akan tesimpan secara otomatis di database server online,” jelasnya.

Pemilihan Ketua OSIS dengan sistem E-Voting yang merupakan inovasi baru ciptaan SMK YKPP diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi seluruh pihak.

Laporan: Tim liputan PKTV

Click to comment
To Top