Berita Kota Topik

Geger, Warga Kanaan Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter

Bontang. Warga  Kanaan digegerkan  dengan  kemunculan buaya  di kawasan RT 08 sungai Kanaan Kecamatan Bontang  Barat pada Kamis sore (13/8/2015).

Keberadaan  binatang predator di sepanjang  sungai  Kanaan  memang  sudah menjadi  rahasia umum, pasalnya  buaya  kerap muncul  ke daratan  tanpa dapat diprediksi  waktunya.

Buaya yang memiliki panjang  hampir  3 meter tersebut  berhasil  masuk perangkap  yang di buat warga. Azwar, Staf Kelurahan  Kanaan menjelaskan  penangkapan  buaya  ini  cukup  alot karena sempat  berontak dan melakukan  perlawanan sehingga cukup  menyulitkan.

“ Sekitar pukul  4 sore, Saya bersama  3 warga lainnya, menangkap buaya ini hanya dengan  alat sederhana yakni  tali dan  kayu seadanya. Syukurlah kami  punya  pengalaman menjinakkan  buaya dari  pelatihan  yang pernah kami  ikuti  beberapa waktu lalu, sehingga tidak  perlu  lama hanya 30 menit buaya sudah  bisa dijinakkan“ papar Azwar.

Tak pelak, hewan jenis reptil tersebut  menarik perhatian dan   tontonan  warga  sekitar. Silih berganti  warga mendatangi kantor Kelurahan untuk  melihat langsung  bahkan mengabadikan  hewan yang meresahkan warga ini  dengan  ponsel mereka.

Penangkapan buaya ini  merupakan  kali  ke  2 yang di lakukan  warga sekitar dalam  1 bulan terakhir. Dan diyakini  Azwar, masih  banyak  buaya lainnya yang berkembang biak di sungai  Kanaan  ini , sehingga  warga harus  lebih berhati –  hati.

Laporan  : Yuli – Nasrul

Editor      : Kartika Anwar