Berita Kota

Gandeng Remaja Masjid, Faisal Ajak Warga Selambai Peduli Lingkungan

Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal (kiri) saat kegiatan bersih lingkungan Selambai bersama para remaja masjid (ist)

Bontang. Wujud kepedulian lingkungan di wilayah pesisir, puluhan remaja yang mengatasnamakan Remaja Masjid Peduli Lingkungan, bersama Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal, melakukan gotong royong aksi bersih sampah di kawasan pemukiman atas laut Selambai Kelurahan Loktuan Bontang Utara. Minggu pagi, 11 Maret 2018.

Banyaknya sampah yang berserakan di kawasan pesisir Selambai menjadi keprihatinan para remaja masjid, dan mengimbau warga sekitar untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal di wilayah tersebut.

Aksi bersih-bersih dilakukan sejak pukul 07.00 Wita, diawali memunguti sampah plastik dan pembersihan sampah rumah tangga diberbagai titik.

“Aksi seperti ini rutin kami laksanakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup yang bersih,” kata Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal.

Menurutnya kebiasaan masyarakat membuang sampah kelaut, terutama sampah rumah tangga harus bisa dirubah. Mengingat efek negatif yang ditimbulkan dapat berdampak terhadap keberlangsungan ekosistem laut. Terutama bagi nelayan wilayah pesisir yang kehidupannya bergantung pada hasil tangkapan ikan.

Apalagi pemerintah Kota Bontang kata dia, telah menyediakan bak penampungan sampah di 8 RT Selambai, dengan 7 titik bak penampungan sampah yang disediakan.

“Aadanya bak sampah tersebut, agar masyarakat mulai menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke laut,” tandasnya.

Keseriusan Faisal untuk menjadikan kawasan tempat tinggalnya itu bersih dan bebas sampah, akan diupayakannya dengan memperbanyak bak penampungan sampah di tiap sudut kawasan Selambai.

“Nanti akan saya upayakan dari dana aspirasi, hingga 100 persen bak penampungan sampah terpenuhi bagi masyarakat pesisir. Termasuk wilayah lainnya,” tuturnya.

Salah satu warga sekitar, Ramli Saleh, mengaku apa yang dilakukan Remaja Masjid bersama Faisal ini sebagai langkah baik mau untuk menjadikan Selambai lebih rapi. Ia pun mengapresiasi langkah Faisal bersama generasi muda Selambai, dengan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami akan terus mendukung kegiatan ini. Selain rutin dilaksanakan, kegiatan seperti ini memberi andil besar menyadarkan warga pesisir untuk mau turut terlibat mencintai lingkungannya,” papar Ramli.(*)

*Aksi bersih lingkungan Remaja Masjid Peduli Lingkungan bersama Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal 

 

Laporan: Aris

Click to comment
To Top