Berita Kota

Fishing Tournament Ramaikan Peringatan HUT Ke-14 Lanal Sangatta

Para peserta Fishing Tournament dilepas langsung Dan Lanal Sangatta Letkol Laut (p) Mulyan Budiarta (Foto: Mansur)
Para peserta Fishing Tournament dilepas langsung Dan Lanal Sangatta Letkol Laut (p) Mulyan Budiarta (Foto: Mansur)

Bontang. Ratusan pemancing memadati dermaga pos angkatan laut Bontang, Sabtu siang, 12 Mei 2018. Mereka berkumpul untuk mengikuti lomba memancing (Fishing Tournament) yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke-14 Lanal Sangatta.

Ketua Panitia Mayor Laut Arif Sugianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi maritim di wilayah kerja Lanal Sangatta, sekaligus menumbuhkembangkan seni dan budaya.

“Kegiatan ini juga memberi hiburan bagi masyarakat Bontang, serta mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan tahun ke-2 dilaksankan Lanal Sangata. Dikuti 223 peserta dari 44 tim yang berasal dari Kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Diantaranya Penajam Paser Utara (PPU) 1 tim, Samarinda 6 tim, Muara Badak 6 tim, Bontang 18 tim, Sangatta 5 tim, Bengalon 2 tim, Bulungan 1 tim, Samboja 1 tim, dan Balikpapan 4 tim.

“Bontang sengaja dipilih menjadi lokasi kegiatan karena masuk dalam wilayah kerja Lanal Sangatta. Dan kegiatan ini sekaligus mengenalkan spot memancing terbaik yang ada di Bontang,” kata Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (p) Mulyan Budiarta.

Sementara Wakil Walikota Bontang Basri Rase, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga mengucapkan ucapan selamat kepada Lanal Sangatta yang memasuki usia 14 tahun pada 21 Mei 2018 mendatang.

“Kami juga berharap Lanal Sangatta dapat terus mendukung kegiatan pemerintah dalam mewujudkan Bontang sebagai kota Maritim di Kalimantan Timur,” ucap Basri.

Lomba memancing berlangsung selama dua hari si perairan Bontang, turut dihadiri Kapolres Bontang, anggota DPRD Bontang, Kodim 0908, serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Peserta dilepas pukul 14.30 Wita, dan wajib kembali esok harinya paling lambat pukul 14.30 Wita. Atau 24 jam masa perlombaan.

*Tim Samboja MMG Kukar, juara Fishing Tournament HUT Lanal Sangatta (Foto: Mansur)

Tarik Ikan 82,93 Kg, Tim Samboja Juara Fishing Tournament

Fishing tournament dalam rangka hut lanal sangatta ke 14 tahun resmi berakhir Minggu (13/5) dengan kemenangan tim Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Tim Samboja berhasil mendapat ikan kerapu seberat 82, 93 Kilogram, dan berhak mendapat uang pembinaan Rp20 juta, termasuk tropi dan piagam.

Fendi, perwakilan tim yang menamakan diri MMG Kukar tersebut, mengaku bangga mampu menarik ikan seberat hampir 1 kwintal itu, menggunakan umpan ikan tongkol 300 gram.

Sementara juara 2 diraih Tim Borneo Angker Community, dengan ikan jenis kerapu seberat 76,68 kilogram. Tim ini pun berhak atas hadiah uang pembinaan Rp15 juta, termasuk tropi dan piagam.

Sedangkan posisi 3 diraih Tim Kakap Merah Guntung, dengan jenis ikan Marlin seberat 16,33 kilogram. Tim kakap merah menerima uang pembinaan Rp10 juta, dengan tropi dan piagam.

“Dari hasil yang didapat peserta, menunjukkan betapa luar biasanya potensi laut kita,” ujar Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (p) Mulyan Budiarta. (*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top