Berita Kota Topik

Fenomena GMT, Kemenag Bontang Ajak Warga Sholat Gerhana

Bontang. Kementerian Agama Kota Bontang mengimbau masyarakat beragama muslim untuk melaksanakan ibadah sholat gerhana pada saat terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Sholat sunnah ini merupakan salah satu bentuk ajaran nabi besar Muhammad SAW.

Menurut Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Bontang Najmuddin Tamini, salah satu sholat yang disunnahkan Rasulullah saat terjadi fenomena GMT adalah sholat khusuf atau sholat gerhana.

Tujuannya untuk mengingat kebesaran ALLAH SWT sebagai sang pencipta. Adapun untuk sholat khusuf, dilakukan sebanyak dua rakaat. Tata cara sholat pun sedikit berbeda, dimana untuk setiap rakaatnya terdapat dua kali rukuk.

“Maka kami imbau masyarakat yang muslim untuk sama-sama sholat gerhana pada 9 Maret 2016 nanti,” ujarnya.

Ditambahkan Najmuddin, Sholat Gerhana diKota Bontang akan dilaksanakan mulai pukul 07.28 hingga pukul 11 siang, dan mencapai puncak pada pukul 9 pagi.

“Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan sholat khusuf, dapat melakukannya diantara jam-jam tersebut,” tambahnya.

Namun begitu, dari rilis yang diterima Kemenag Bontang, Sholat Khusuf juga akan digelar pada beberapa masjid dan musholla. Salah satunya Masjid Baiturrahman dan Mushollah Al – Fatah di KM-6 Bontang Barat.

 

Laporan : Sary & Priya

Editor : Maya Ch