Berita Kota

Faisal Dorong Masyarakat Lebih Peduli Lingkungan

Faisal bersama warga saling membahu membersihkan drainase yang tersumbat (Foto: Aris)
Faisal bersama warga saling membahu membersihkan drainase yang tersumbat (Foto: Aris)

Bontang. Mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan di kawasan tempat tinggal, sepertinya menjadi rutinitas baru Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal, yang secara rutin mengisi akhir pekan melalui kerja bakti Faisal Bersama Rakyat (FBR), menggandeng Forum Remaja Cinta Lingkungan binaannya.

Seperti yang terlaksana di Jl Kapal Pinisi 4 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Minggu, 8 April 2018.

Faisal dan para remaja cinta lingkungan mengajak warga sekitar melakukan pembersihan drainase yang tersumbat dengan kondisi cukup parah. Dibantu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) dan beberapa Ketua RT.

Mereka tampak bahu membahu gotong royong membersihkan drainase yang tersedimentasi bermacam sampah, bahkan sejak 2014 lalu. Faisal pun menyayangkan kondisi tersebut seakan tidak diperhatikan masyarakat, yang membiarkan penumpukan drainase hingga tidak berfungsi selayaknya.

“Saya sangat menyayangkan kondisi seperti ini dibiarkan saja bertahun-tahun. Butuh kesadaran bersama untuk lebih peduli, minimal melapor ke instansi terkait agar tidak terkesan ada pembiaran. Kalau seperti ini terus dibiarkan, yang rugi juga masyarakat,” ungkap Faisal.

Sementara M Haris Hafid, mewakili masyarakat dan Ketua RT sekitar mengaku akan lebih aktif mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan, melalui kegiatan serupa. Ia menilai apa yang dilakukan Faisal melalui agenda seperti ini, sebagai wujud perhatian bagi masyarakat yang patut diapresiasi.

Kedepan ia pun berharap agar kegiatan ini bisa menjadi dorongan warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

“Selain itu kami juga berharap warga dapat terus mendukung kegiatan seperti ini, karena kebersihan lingkungan dan kawasan tempat tinggal merupakan tanggungjawab kita bersama,” ujarnya.
Senada Komandan Peleton (Danton) 1 Disdamkartan Bontang. Norman, turut memberi apresiasi gagasan Faisal yang secara rutin keliling kawasan mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan, melalui kerja bakti yang dilaksanakan.

Dikatakannya, budaya gotong royong yang selama ini mulai ditinggalkan masyarakat dapat kembali ditumbuhkan. Seiring aktifnya agenda sosial Wakil Ketua DPRD Bontang tersebut dengan melibatkan langsung warganya.

“Begitupun dengan kami dari Disdamkartan, akan berupaya maksimal membantu kegiatan seperti ini sebagai wujud pelayanan. Terutama guna menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan bersama,” terangnya. (*)

Baca Juga: Gandeng Remaja Masjid, Faisal Ajak Warga Selambai Peduli Lingkungan

Baca Juga: Kerja Bakti Bersama FBR, Forum Remaja Cinta Lingkungan Komitmen Wujudkan Lingkungan Bersih

 

Laporan: Aris

Click to comment
To Top