Salah satu peserta perahu naga Pesta Laut Bontang Kuala (Foto: Aris)
Corporate

Dukung Pesta Laut, PKT Bantu Rp40 Juta untuk Lomba Perahu Naga

Bontang. PT Pupuk Kaltim wujudkan komitmen dukungan pelaksanaan Pesta Laut Bontang Kuala, salah satunya pada ajang perlombaan perahu naga yang baru pertama kali digelar.

Dijelaskan Superintendent Hubungan Eksternal, Departemen Humas Pupuk Kaltim Ramli, wujud komitmen dan dukungan ini direalisasikan Pupuk Kaltim melalui bantuan tunai dan non tunai, senilai Rp40 juta.

Hal ini mengingat Pesta Laut Bontang Kuala merupakan salah satu upaya melestarikan kearifan lokal, serta menjadi daya tarik destinasi wisata baru di kota Bontang.

“Kegiatan seperti ini perlu dilestarikan, dan Pupuk Kaltim siap mendukung serta mensupport secara berkesinambungan. Sebab, perhatian serupa diwujudkan perusahaan saat Erau Pelas Benua di Guntung,” ujar Ramli.

Lomba perahu naga diikuti 28 tim, yang terbagi menjadi tiga kelas. Diantaranya kelas umum putra, umum putri, dan pelajar putra. Untuk lintasan umum putra dan pelajar putra, sekitar 500 meter. Dan kategori umum putri sepanjang 250 meter, yang terdiri dari 12 orang dalam satu tim.

“Kami selaku panitia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pupuk Kaltim yang senantiasa mendukung terlaksananya kegiatan budaya seperti kali ini,” ujar Koordinator Lomba, Dadi Gunawan.

Selain lomba perahu naga, Pesta Laut Bontang Kuala turut menyajikan perlombaan dan olahraga tradisional lainnya, seperti lomba perahu ketinting, tarik tambang diatas perahu, dan sejumlah kegiatan lainnya.(*)

 

Laporan: Yuli | Aris