Pemuda

Dua Peserta Jambore Pemuda Asal Bontang, Wakili Kaltim ke JPI

12 Finalis Jambore pemuda daerah Kaltim yang terpilih ke JPI berfoto bersama (foto:Yuli)
12 Finalis Jambore pemuda daerah Kaltim yang terpilih ke JPI berfoto bersama (foto:Yuli)

Bontang. Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim ke-8 resmi ditutup, Kamis (7/3/2019). Dari 10 perwakilan Bontang, dua diantaranya terpilih mewakili Kaltim menuju Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Minahasa, Sulawesi Utara, Oktober mendatang.

Dari 50 peserta yang mengikuti kegiatan ini, Kontingen Bontang berhasil menempatkan dua wakilnya masuk 12 besar. Di kategori putra diraih oleh Alamsyah Adi Saputra (21). Ia berhasil dinobatkan sebagai peringkat keempat dengan nilai 337,87.

Sementara untuk kategori putri tuan rumah Bontang berhasil meraih predikat terbaik pertama dari seluruh peserta, adalah Anisa Nur Adnin (21) Mahasiswa semester 8 di Universitas Mulawarman yang berhasil unggul dengan nilai 370,75.

Alamsyah merupakan Mahasiswa semester 6 di Stitek Bontang. Putra dari pasangan Tasida dan Darti ini merasa senang dan bangga bisa mewakili Bontang ke Jambore Pemuda Indonesia.

“Saya akan berusaha untuk terus belajar agar dapat membawa Kaltim berjaya di kancah nasional, utamanya pada JPI di Minahasa nanti” kata pria yang berdomisili di Loktuan.

Sementara dikatakan Anisa Ia dan ke 11 peserta lainnya yang terpilih akan masuk tahap karantina. Karantina ini merupakan proses persiapan untuk menambah materi mengenai budaya, kepemudaan, dan kenegaraan.

“Ini merupakan amanah yang tentunya tidak akan Saya sia-siakan. Saya berjanji akan memberikan yang terbaik,”sebut putri pasangan dari Sumoyo dan Sri Fatmina ini.

Ketua Panitia JPD Kaltim Bambang Cipto Mulyono mengatakan sejak dibuka kegiatan berjalan dengan baik, dan semua peserta dalam keadaan sehat.

“Meski JPD sudah berakhir, harapannya silaturahmi tetap terjalin, dan semua peserta bisa pulang dengan membawa kesan tersendiri dari Kota Bontang. Saya juga berharap sepulang dari sini para peserta JPD bisa memberitahu dan memperkenalkan wisata yang sudah dikunjungi selama berada disini”, terangnya.

Senada, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Agus Tianur mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah Bontang yang telah berupaya melaksanakan jambore dengan baik dan lancar. Bahkan menurutnya selama ini, jambore pemuda daerah Kaltim yang terbaik, yakni di kota Bontang.

“Kalian semua harusnya bangga dan berterimakasih, karena sudah disambut dengan sangat baik oleh tuan rumah. Ini merupakan Jambore Pemuda terbaik yang pernah digelar selama ini, mudah-mudahan daerah lain tidak minder ya, ini justru harus jadi motivasi,” ujarnya.

Selain mengumumkan 12 peserta yang berhasil maju ke JPI, pada kesempatan ini juga diumumkan defile terbaik, stand, dan pentas seni terbaik.

Untuk defile terbaik diraih oleh Kabupaten Mahakam Ulu dengan nilai 735. Disusul oleh Kota Balikpapan dan Kota Samarinda di posisi kedua dan ketiga.

Lain halnya dengan hasil pentas seni, Kabupaten Mahakam Ulu menyabet predikat terbaik. Dengan raihan poin sejumlah 83,67, berada di atas Paser dan Samarinda.

Sementara untuk stand pameran terbaik pertama diraih oleh Kota Bontang, disusul oleh Balikpapan posisi kedua dan Kabupaten Paser pada peringkat ketiga. (*)

12 Peserta Terbaik JPD Kaltim ke-8

Kategori Putra :

1 Rajesh Indra Ansyari (Balikpapan)
2 Aditya Alexander (Samarinda)
3 Yayang Ananda Putra (Kutai Timur)
4 Alamsyah Adi Saputra (Bontang)
5 Gilbert Libun Abran (Kutai Kartanegara)
6 Valentino Arif Saputra (Berau)

Kategori Putri :

1 Anisa Nur Adnin (Bontang)
2 Evin Istiqomah Arisandy (Balikpapan)
3 Soraya Anissa Agustina (Samarinda)
4 Nurul Baiti Islamiah (Paser)
5 Valentina Ayu Astika Hagang (Mahakam Ulu)
6 Siti Rahmi (Kutai Barat).

Laporan : Yulianti Basri

Click to comment
To Top