Ketua Komisi I Dprd Bontang Agus Haris (Foto: Aris)
Parlemen

Dprd Minta Pemkot Tingkatkan Kualitas Guru Pesisir

Bontang. Komisi 1 DPRD Bontang memanfaatkan moment Hari Pendidikan Nasional, guna mengajak seluruh pihak berjuang bersama dalam pemerataan pendidikan di Indonesia. Khususnya di Kota Taman.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua Komisi 1 Dprd Agus Haris, menyampaikan memaknai hari pendidikan nasional tahun ini, ia meminta Pemerintah Kota khususnya Dinas Pendidikan, untuk dapat segera meningkatkan kualitas seluruh tenaga pendidik yang mengabdi di wilayah pesisir.

Hal ini guna mendorong kualitas pendidikan yang merata di Kota Bontang tanpa terkecuali. Dikatakannya, pendidikan bagi masyarakat pesisir, merupakan salah satu ujung tombak capaian pendidikan di Indonesia.

“Persepsi tentang peningkatan mutu pendidikan yang terus berpatok pada pendidikan masyarakat perkotaan, harus segera diubah. Sebab, sudah tidak sesuai untuk saat ini. Apalagi jika peningkatan pendidikan hanya diperuntukkan bagi sekolah di wilayah kota, sementara pesisir justru terabaikan,” ungkapnya.

Selain itu, peningkatan mutu pendidikan dari sisi sumberdaya manusia dan fasilitasnya juga perlu dilakukan dan diperhitungkan. Guna menghapus stigma diskriminasi dalam dunia pendidikan yang selama ini kencang berhembus.

“Itu salah satu hal lain yang juga harus diperhatikan pemerintah. Jangan sampai terkesan diskriminatif. Sekolah di perkotaan fasilitasnya lengkap, tapi di pesisir justru minim. Guru saja terbatas,” tambahnya.

Peningkatan kualitas guru kata dia, dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, baik formal maupun non formal. Sehingga mampu mendorong lahirnya anak didik dengan sumberdaya manusia berkualitas di Kota Bontang.

“Peningkatan mutu pendidikan harus benar-benar diperhatikan pemerintah, karena hal ini bersinggungan langsung dengan kualitas sumberdaya manusia yang sangat berpengaruh terhadap pembangunan dalam berbagai bidang,” pungkasnya.(*)

 

Laporan: Sary & Aris