Pemerintah

DLH Optimis Tahun Ini Bontang Raih Adipura

Bontang. Pemerintah Kota Bontang optimis tahun ini mampu menyabet piala Adipura, setelah lepas pada tahun sebelumnya. Hal ini mengingat Bontang telah dinyatakan lolos tahapan pertama, dan kini itengah memasuki tahapan penilaian P2.

Penilaian ini terdiri dari verifikasi inovasi, serta presentasi bagi daerah yang masuk dalam nominasi.

Disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agus Amir, optimisme itu dibarengi berbagai upaya melakukan perbaikan akan hal-hal yang dirasa masih kurang. Sekaligus evaluasi hasil kekurangan tahun sebelumnya, yang membuat Bontang gagal meraih apresiasi tertinggi bidang kebersihan tersebut.

Apalagi penyebab gagalnya Bontang meraih Adipura tahun sebelumnya, dikarenakan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang masih kurang maksimal, sehingga dampak gas metan dan karbondioksida sebagai emisi gas rumah kaca, dinilai mampu menyebabkan pemanasan global serta perubahan iklim.

“Makanya tahun ini kami melakukan upaya menutup Top Soil terhadap sanitary landfill, di TPA Bontang Lestari. Dan pekan ini 8 zona aktif akan segera tertutup seluruhnya,” ujar Agus Amir.

Disamping berbagai upaya tersebut, Agus Amir juga meminta kerjasama seluruh pihak. Mengingat raihan Adipura merupakan kerja kolektif, dan bukan hanya ditangani satu instansi ataupun hanya pemerintah semata. Namun seluruh lapisan masyarakat yang diharap mampu saling bersinergi dengan baik.

“Harapannya agar Bontang mampu kembali meraih Adipura, bahkan kalau bisa Adipura Paripurna,” tandasnya. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top