Pemerintah

Diskominfotik Bontang Optimis Jadi Terbaik Keterbukaan Informasi Publik 2018

Sekretaris Diskominfotik Bontang Ririn Sari Dewi (Foto: Faisal)
Sekretaris Diskominfotik Bontang Ririn Sari Dewi (Foto: Faisal)

Bontang. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) optimis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bontang mampu meraih peringkat satu keterbukaan informasi publik tahun 2018.

Hal ini menyusul berbagai upaya yang dilakukan Diskominfotik, guna perbaikan beberapa kesalahan pada penilaian tahun 2017.

Selain itu, PPID juga didukung indikator keterbukaan informasi publik tahun 2018, dengan memasukkan indikator inovasi pada penilaiannya. Mengingat tahun lalu inovasi dicoret sebagai salah satu indikator penilaian oleh Komisi Informasi Pusat.

“Dengan berbagai perbaikan yang dilakukan, kami optimis meraih peringkat pertaman untuk tahun 2018 ini,” ujar Sekretaris Diskominfotik Bontang Ririn Sari Dewi.

Ditambahkannya, langkah strategis memperoleh nilai tertinggi pada penilaian keterbukaan informasi publik 2018 juga sudah disiapkan. Dengan menetapkan roadmap PPID yang terdiri dari 13 kegiatan.

“Mulai pengembangan aplikasi, re-design website PPID, pembentukan kelompok informasi masyarakat, hingga pemutahiran data di aplikasi PPID,” tandasnya.

Diketahui, pada penilaian keterbukaan informasi publik tahun 2016 tingkat provinsi Kalimantan Timur, Bontang berhasil menyabet peringkat satu PPID terbaik di Kaltim. Namun tahun 2017 turun menjadi peringkat dua.

Baca Juga: Bontang Raih Peringkat Dua Keterbukaan Informasi Publik

Bontang harus rela mengalah dengan Balikpapan, yang berhasil meraih peringkat pertama. Sedangkan dibawah Kota Bontang ada Kabupaten Kutai Kartanegara pada posisi terbaik ketiga.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top