Pemerintah

Dishub: Tahun Ini Hanya Ada Satu Kapal Mudik

Kepala Dishub Bontang Sukardi (Foto: Nasrul)
Kepala Dishub Bontang Sukardi (Foto: Nasrul)

Bontang. Pada tahun ini, Kota Bontang hanya mendapat 1 kapal angkutan untuk mudik lebaran. Kondisi ini pun membuat Dinas Perhubungan (Dishub) terus berkoordinasi dengan PT Pelni, untuk kemungkinan adanya penambahan 1 kapal tambahan.

Diungkapkan Kepala Dishub Bontang Sukardi, satu unit kapal penumpang tersebut yakni kapal Binaiya, jurusan Bontang- Awarangi, Pare-pare, dan Makassar.

Tahun ini menurutnya berbeda dengan sebelumnya, yang disediakan tiga kapal. Masing-masing KM Egon, Binaiya, dan Queen Soya.

“Dari kabar yang kami terima, Kapal Egon sedang docking, dan Queen Soya dipindah rute oleh Pelni sejak dua pekan lalu. Makanya Cuma ada Queen Soya untuk mudik tahun ini,” ujar Sukardi.

Sesuai jadwal, KM Binaiya hanya berangkat dua kali, yakni tanggal 1 Juni dan 4 Juni 2018. Meski ada satu kapal lain, KM Madu, namun sangat kecil dan fungsinya sebagai kapal barang.

Dishub pun lanjut Sukardi, sudah menyurati Pelni sejak Februari 2018 lalu, namun hingga kini belum ada jawaban. Dengan satu kapal yang stanby untuk arus mudik dari Bontang, dikhawatirkan terjadi lonjakan hingga 2.000 penumpang saat pemberangkatan.

“Takutnya ada lonjakan, dan kapasitas Binaiya hanya mampu menampung 1.300 penumpang,” tambahnya. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top