Salah satu lokasi parkir di bahu jalan raya Bontang (Foto: Aris)
Pemerintah

Dishub: Parkir Sembarangan, Kendaraan Akan Diderek

Bontang. Maraknya parkir sembarangan di beberapa tempat, terutama yang menggunakan badan jalan, akan disikapi tegas Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang, untuk menertibkan parkir dan penggunaan jalan raya.

Dikatakan Kepala Dishub Bontang Sukardi, pihaknya akan segera menyisir keberadaan jalan yang digunakan sebagai tempat parkir kendaraan, untuk kemudian ditertibkan. Agar tidak mengganggu kelancaran berlalu lintas.

Bahkan jika nantinya ada kendaraan milik warga yang terparkir sembarangan diluar area resmi, maka Dishub kata dia, akan derek kendaraan yang bersangkutan.

Namun begitu, sejauh ini Dishub menurutnya masih melakukan upaya persuasif terhadap pengendara yang terbukti melanggar, dengan memberikan teguran ringan hingga peringatan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

“Jika hal tersebut tetap diabaikan, kalau kedapatan lagi akan langsung kami Derek kendaraannya,” ujar Sukardi, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Guna mendukung upayanya tersebut, Dishub Bontang lanjut dia, tengah menjalin koordinasi bersama sejumlah instansi terkait, untuk mengatur langkah penderekan tersebut. Menyasar kendaraan yang menggunakan bahu jalan, trotoar, jalur sepeda, dan parkir liar.

“Targetnya November nanti sudah mulai berjalan,” tambahnya.(*)

 

Laporan: Sary | Aris