Pemerintah

Dishub: Ketinggian Tower Ilegal Loktuan Belum Diketahui

tower telekomunikasi milik PT Dayamitra Telekomunikasi di RT 20 Kampung Mandar Loktuan Bontang (Foto: Faisal)
tower telekomunikasi milik PT Dayamitra Telekomunikasi di RT 20 Kampung Mandar Loktuan Bontang (Foto: Faisal)

Bontang. Ketinggian tower telekomunikasi milik PT Dayamitra Telekomunikasi di RT 20 Kampung Mandar Loktuan Bontang Utara, tidak diketahui pasti Pemerintah Kota. Pasalnya, hingga saat ini belum ada pengukuran yang dilakukan terhadap tower yang telah berdiri sejak 2011 lalu itu.

Hal ini lantaran kewenangan mengukur tinggi tower yang sebelumnya berada di Dinas Perhubungan, diambil alih otoritas bandara. Menurut Kepala Seksi Kebandarudaraan Dinas Perhubungan Kota Bontang Iqbal, kewenangan pihaknya untuk mengukur tinggi tower telah dicabut sejak 2009.

“Saat ini kami hanya bertugas melakukan pengawasan terhadap ketinggian tower, yang nantinya akan ditindaklanjuti otoritas bandara,” ujar Iqbal.

Berdasarkan aturan, ketinggian tower kata Iqbal, memiliki batas maksimal tergantung dari kawasannya. Bagi kawasan di bawah permukaan horizontal dalam, ketinggian maksimal 50 meter. Sedangkan untuk kawasan di bawah permukaan horizontal luar, dapat mencapai maksimal 70 meter.

“Ketinggian tower dibatasi dengan ukuran tertentu, untuk kepentingan keselamatan dan efisiensi operasi penerbangan,” tuturnya.(*)

Baca Juga: Soal Tower Loktuan, Warga Sebut Pemerintah Kecolongan

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top