Berita Kota

Dishub Bontang Siapkan Perda Bagi Parkir Liar

kendaraan oknum yang menjadikan trotoar sebagai tempat parkir (foto: ervi/pktv)

Bontang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bontang bakal menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) khusus mengenai aturan parkir. Hal tersebut dikarenakan permasalahan parkir di Kota Bontang masih menjadi perhatian dan sorotan masyarakat.

Sebab, di beberapa titik masih saja ada pelanggaran parkir liar, ataupun pengendara yang sengaja mengacuhkan rambu-rambu larangan parkir, dengan tetap memarkirkan kendaraan di lokasi larangan.

Oleh karena itu, dalam hal ini ketegasan pemerintah diperlukan, agar tidak ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan, di badan jalan hingga menghalangi akses jalan pengendara lain.

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bontang Kamilan, dirinya mengaku saat ini perda larangan parkir masih proses perancangan, dalam perda tersebut akan ditentukan titik-titik mana saja, yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk parkir, dengan memasang rambu-rambu.

“Dalam perda tersebut juga akan dicantumkan sanksi bagi yang melanggar, salah satunya yakni pengempesan ban kendaraan,” ungkapnya.

Saat ini, Dishub Kota Bontang, hanya memberikan teguran dan penertiban saja bagi pengendara yang parkir liar, dikarenakan pemberian sanksi bagi parkir sembarangan, dan tidak ditetapkan dengan perda, serta tanpa adanya rambu lalu lintas larangan parkir, merupakan tindakan yang tidak sah.

Laporan: Ervi | Mansyur

Click to comment
To Top