Berita Kota

Disertasi Lingkungan Dan Autisme Mengantar Andi Sofyan Hasdam Meraih Gelar Doktor Sangat Memuaskan

Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S pada saat memaparkan disertasinya di depan tim penguji (foto: herman bakel/Humas Bontang)

Bontang. Mantan Walikota Bontang dua priode Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S yang mengambil Program Studi (Prodi) ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, berhasil meraih gelar Doktor (S3) di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Keberhasilannya meraih gelar Doktor setelah dirinya mampu mempertahankan disertasinya dalam sidang terbuka yang berlangsung Senin 21 Oktober 2019, bertempat di gedung Sekolah Pascasarjana IPB University.

Adapun disertasinya tersebut mengangkat Studi hubungan kadar logam berat pada lingkungan dengan kejadian penyakit autisme di Kota Bontang, Kota Samarinda, dan Kabupaten Bantul.

Usai memaparkan disertasinya di depan 7 tim penguji yang terdiri dari Komisi Utama adalah Komisi Pembimbing yaitu Dr. drh. Hasim, DEA, (Selaku Ketua). Prof.Dr.Ir. Ahmad Sulaeman, MS (Anggota). Prof.Dr.dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S(K) (Anggota).

Sedangkan Komisi tambahan di luar Komisi yaitu, Prof.Dr.Ir. Etty Riani, MS dari (Dosen FPIK IPB Univetsity) dan Dr.Ir. Haruki Agustina, M.Sc selaku (Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3) serta Pimpinan Sidang adalah Dekan Sekolah pascasarjana IPB Univetsity, dia dalam hal ini Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S pun dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan dan berhak menyandang Gelar Doktor.

Mantan Walikota Bontang dua priode Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S saat diwawancarai mengungkapkan rasa syukur dan bahagia karena telah dapat mencapai pendidikan formal tertinggi di perguruan tinggi di Institut Pertanian Bogor ini dengan sukses dan raihan sangat memuaskan.

Ditambahkan dirinya bahwa apa yang telah dicapainya ini dirasa tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh. Namun begitu ia berpesan teruntuk para pemuda di kota bontang agar selalu bersemangat dalam belajar serta mencari ilmu setinggi-setingginya.

“Saya menekankan untuk anak-anak saya dikota bontang, jika orang seusia saya saja bisa bersemangat dalam mencari ilmu setinggi ini apa lagi yang muda-muda,” pesannya.

Sementara itu walikota bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG. Mengucapkan selamat atas dicapainya gelar Doktor dengan sangat memuaskan bagi Mantan Walikota Bontang dua priode Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S.

Semoga ilmu yang diraih, diharapkan dapat membantu dan diterapkan di Kota Bontang agar kualitas Sumberdaya Alam dan Lingkungan menjadi lebih baik sesuai ilmu yang telah dicapai di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lebih jauh Ia menghimbau kepada seluruh ASN di Kota Bontang nantinya, untuk juga dapat mengambil program (S3) terlebih dengan didukung telah naiknya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi PNS.

Keberhasilan Mantan Walikota Bontang dua priode meraih gelar Doktor ini pun mendapatkan banyak ucapan selamat dari beberapa pejabat tinggi yang juga berkesempatan hadir, diantaranya ada Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Mahyudin, S.T., M.M. Anggota DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian. Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn), Agus Widjojo. Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.kn. Walikota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG. Ketua DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam dan dihadiri pula oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman beserta seluruh jajaran direksi lainnya, maupun sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Bontang.

Click to comment
To Top