Parlemen

Disdik Diminta Validasi Jumlah Pendidik Sekolah Swasta

Ketua Komisi 1 DPRD Bontang Agus Haris (Foto: Sary)
Ketua Komisi 1 DPRD Bontang Agus Haris (Foto: Sary)

Bontang. Komisi 1 DPRD Bontang meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera mendata jumlah pendidik di seluruh sekolah swasta Bontang, mengingat pembahasan perubahan draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pemberian insentif bagi pendidik, tenaga kependidikan sekolah swasta, dan pendidik non pns di Sekolah Negeri, membutuhkan faktor penunjang berupa data valid jumlah pendidik dan tenaga kependidikan belum dimiliki.

Pendataan tersebut dinilai poin penting pengesahan Raperda, yang dipastikan tidak dapat berjalan jika belum diketahui jumlah riil seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Kota Bontang, sesuai kategori yang dirumuskan dalam aturan tersebut.

Baca Juga: Anggaran Insentif Guru Swasta Bontang Jebol

Ketua Komisi 1 DPRD Bontang Agus Haris, mengatakan data valid jumlah tenaga pendidik ini berkenaan dengan penghitungan alokasi dana bagi penerima insentif, sehingga tidak lagi mengalami selisih.

“Makanya kami minta pendataan bisa segera dilakukan, untuk kembali disodorkan ke DPRD pada pembahasan (Raperda) selanjutnya,” katanya.

Dari data terakhir Dinas Pendidikan di awal 2018, jumlah pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Bontang mencapai 2.900 orang. Namun begitu, angka tersebut diprediksi terus mengalami kenaikan, menyusul adanya penambahan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan di beberapa sekolah swasta.

“Makanya butuh pendataan ulang biar diketahui penambahan dan jumlah total saat ini,” lanjut Agus Haris. (*)

 

Laporan: Sary

Click to comment
To Top