Pemerintah

Disbudpar Lakukan Kajian Situs Cagar Budaya Bontang

Bontang. Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Bontang, kini tengah gencar lakukan kajian terhadap seluruh lokasi yang dinilai layak sebagai situs cagar budaya Kota Bontang.

Sebagai bentuk keseriusan, Disbudpar menggandeng masyarakat untuk bersama meningkatkan pemahaman dan peran serta dalam pengelolaan cagar budaya. Selain itu, untuk melestarikan dan melindungi warisan terkait cagar budaya sebagai aset kepariwisataan Kota Bontang.

Selama lima hari kedepan, terhitung mulai tanggal 29 September hingga 3 Oktober 2015, Disbudpar Bontang lakukan kajian situs cagar budaya, serta melakukan penelitian lapangan, guna mencari obyek-obyek yang berpotensi sebagai cagar budaya Bontang.

“Ini perlu lakukan agar bisa kita ketahui apa saja cagar budaya yang ada di Kota Bontang, agar bisa menjadi salah satu aset kepariwisataan kita,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bontang, Yuliatinur.

Sementara Walikota Bontang Adi Darma, menilai rencana Disbudpar ini dapat dijadikan media pembelajaran masyarakat untuk mengetahui cikal bakal dan sejarah perkembangan Kota Bontang.

“Kita dapat belajar banyak dari situs dan cagar budaya yang ada di Kota Bontang. Banyak potensi yang selama ini tanpa kita sadari adalah saksi sejarah perkembangan Bontang, itu harus kita lestarikan bersama,” ungkapnya.

Namun begitu, peran masyarakat diharap Adi Darma turut maksimal dalam mendukung upaya Pemerintah, guna mewujudkan upaya tersebut. Melalui kegiatan yang dilaksanakan ini, peran serta masyarakat dapat memberikan sumbangsih aktif dalam inventarisasi cagar budaya Kota Bontang.

“Dukungan dari masyarakat saya sangat harapkan agar bisa bersama Pemerintah melirik potensi cagar budaya, dan menjaganya sebagai aset pariwisata kita,” tambahnya.

Kajian yang digelar Disbudpar ini mengundang Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Wilayah Kerja Kalimantan, I Made Kusumajaya, melalui sosialisasi pelestarian cagar budaya.

 

Laporan : Sary Attaya & Ariston

Editor : Revo Adi M

Click to comment
To Top