Pilkada Topik

Dinilai Tak Netral, Ini Kata KPU Bontang

Bontang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang dirundung kabar tak sedap. Betapa tidak, adanya isu yang menyebutkan sejumlah komisioner penyelenggara pemilu tingkat kota ini, memiliki keberpihakan dari salah satu calon kandidat Pilkada. Dari aturan semestinya yang mengharuskan memiliki netralitas murni.

Hal ini sontak dibantah KPU Bontang, yang menyatakan jika Komisi Pemilihan Umum akan tetap berada pada jalurnya, dan bersifat netral tanpa ada keberpihakan terhadap calon manapun.

“ Kami pastikan kalau KPU netral, nggak ada komisioner yang memiliki keberpihakan terhadap calon. Kami bisa pastikan itu,” terang Komisioner KPU Bontang, Agus Yani.

Kabar yang sempat mencuat disejumlah kalangan ini, dibantah Agus Yani dalam rapat koordinasi pembatasan dana kampanye bersama sejumlah perwakilan pasangan calon Walikota dan wakil Walikota Bontang, Senin (24/8/2015) kemarin. Menurutnya jika komisioner A atau komisioner B yang dinilai memiliki keberpihakan, dipastikan Agus Yani tidak benar adanya.

“ Kami akan tetap melayani calon manapun se-netral mungkin, tidak akan ada keberpihakan KPU terhadap salah satu kandidat. Karena kami memang harus netral,” lanjutnya.

Kabar ini dijelaskan Agus Yani akan mengganggu kinerja KPU Bontang, jika tidak segera diluruskan. Sebab, netralitas tanpa keberpihakan pada salah satu calon menurutnya menjadi hal yang sangat dijunjung KPU selaku penyelenggara pemilu.

 

Laporan : Sary Attaya & Ariston

Editor : Revo Adi M