Berita Kota

Dinas PUPRK: Pengerjaan Jembatan Amblas Dilaksanakan Tanpa Lelang

wali kota bontang neni moerniaeni ketika meninjau langsung jembatan guntung yang amblas (foto: aris/pktv)

Bontang. Jembatan yang merupakan satu-satunya akses jalan bagi roda 2 maupun roda 4 di kelurahan guntung ini amblas sedalam sekitar 1 Meter, amblasnya jembatan ini disinyalir merupakan dampak dari banjir yang terjadi pada tanggal 4 Juni 2019 lalu. Dikarenakan amblas tersebut separuh jembatan pun terpaksa ditutup oleh pihak Kelurahan Guntung, guna mencegah kerusakan yang lebih parah.

Merespon permasalahan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) Bontang berencana akan segera melaksanakan proyek pengerjaan jembatan tanpa lelang. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRK Bontang, Bina Antasariansyah di sela-sela kegiatan peninjauan penanggulangan banjir yang di lakukan Wali kota Bontang pada hari Kamis (13/6/2019).

Bina Antasariansyah menjelaskan bahwa proyek perbaikan awal jembatan guntung akan segera dikebut, dan untuk pengerjaan awal tidak akan melalui proses lelang. Adapun proyek pengerjaannya difokuskan pada penanganan bagian jalan yang amblas terlebih dahulu dengan dilakukan penimbunan dan pemadatan jalan, seperti pengecoran badan jalan dan jembatan.

BINA ANTASARIANSYAH BERIKAN PENJELASAN TERKAIT PENGERJAAN JEMBATAN GUNTUNG (FOTO: ARIS/PKTV)

Adapun untuk tahap perencanaan sudah di kebut oleh pihaknya, sedangkan tahap pengerjaannya, dia memperkirakan setidaknya dalam waktu satu setengah bulan atau sampai dua bulan kedepan jembatan tersebut sudah dapat digunakan kembali secara normal.

“Kami belum bisa menghitung pasti berapa anggaran yang di gunakan, diperkirakan anggaran APBD yang di gunakan mungkin di bawah sekitar Rp.200.000.000,” jelasnya.

Untuk di ketahui, proyek pengerjaan jembatan amblas ini masih merupakan pengerjaan awal yakni pengerjaan parsial saja. Sembari menunggu peyusunan perencanaan rehab total yang akan di upayakan dan dikerjakan tahun depan oleh Dinas PUPRK Bontang.

Laporan: Aris | Fira

Click to comment
To Top