Pemerintah

Dinas Kebersihan Berdayakan Masyarakat Lewat TPS-3R

Bontang. Satu lagi terobosan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bontang, yakni menambahn pembangunan tempat pembuangan sampah berbasis masyarakat (TPS 3R). TPS 3R ini merupakan tempat pengelolaan sampah dengan sistem Reduce (mengurangi volume sampah), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang sampah) yang terkumpul setiap harinya.

Dikatakan Sabransyah, Kepala Bidang Kebersihan DKP Bontang, pembangunan Tps ini bukan hanya akan digunakan untuk menampung sampah hasil buangan dari masyarakat, namun sebagai upaya dalam menanggulangi permasalahan sampah guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan dan lebih tertata rapi. TPS 3R ini nantinya juga akan dilakukan pemilahan maupun pengelolaan sampah, hingga nantinya menjadi barang daur ulang bernilai ekonomis.

“ Kami terapkan ini agar sampah yang terkumpul bisa memiliki nilai ekonomis, disamping upaya penanggulangan sampah masyarakat menjadi barang bernilai guna,” paparnya.

Dalam pemanfaatan TPS 3R ini, DKP Bontang akan memberdayakan kelompok swadaya masyarakat, agar dapat berimbas pada peningkatan ekonomi kreatif masyarakat Kota Bontang.

“metodenya tetap akan kami kerjasamakan dengan masyarakat, terutama bagi warga Berbas Pantai Bontang Selatan, kalau TPS ini bisa kita tambah tahun 2016 mendatang,” tambahnya.

Untuk diketahui, tempat pembuangan sampah berbasis pemberdayaan masyrakat ini telah ada sejak 2010. Diantaranya TPS 3R di wilayah Pisangan, Bukit Sekatup Damai (BSD), dan Tanjung Laut Bontang Selatan.

 

Laporan : Yulianti Basri & Nasrul

Editor : Revo Adi M