Politik

Diduga Kelelahan, Ketua KPPS di Loktuan Meninggal Dunia

suasana rumah duka (foto:yuli)
suasana rumah duka (foto:yuli)

Bontang. Ketua KPPS di TPS 09, Jalan RE Martadinata RT 06 Selambai Loktuan Bontang Utara, Muhammad Azikin (41) dikabarkan meninggal dunia karena diduga kelelahan. Azikin meninggal di kediamannya Sabtu (27/4/2019) dini hari, sekitar pukul 01.00 Wita, dan akan dikebumikan sore hari ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Loktuan.

Usman, salah satu keluarga mengaku meninggalnya Azikin sangat mengejutkan. Sebab sebelumnya Ia tidak pernah mengeluhkan sakit. “Tidak ada riwayat sakit, kata istrinya juga tidak pernah ada keluhan. tiba-tiba saja tadi malam isitirahat baring, tidak lama sudah tidak bernafas,” ungkap Usman.

Diakui Usman, aktivitas keponakannya itu sebelum dan sesudah pemilu terbilang sangat tinggi. Mulai persiapan pembuatan TPS, pemungutan dan penghitungan suara, hingga pelaporan di Kelurahan dilakukan dengan kerja ekstra.

“Saat hari pencoblosan kerjanya hampir 28 jam, dari jam 7 pagi non stop sampai jam 10 siang esoknya. Ya jelas dia kelelahan,” tambahnya.

Hingga Sabtu pagi pukul 09.00 Wita, kediaman Almarhum Azikin dipenuhi para tetangga, keluarga, dan rekan kerja yang datang melayat silih berganti. Diketahui, Almarhum tercatat sebagai karyawan salah satu perusahaan di Bontang, dan meninggalkan seorang Istri Nur Asma serta 4 orang anak.

Sarna, salah satu anggota KPPS TPS 09 tidak menyangka kepergian ketua KPPS nya itu. Menurut dia, selama ini Almarhum terlihat sehat dan paling bersemangat, terlebih statusnya sebagai ketua KPPS.

Begitu juga saat menjalankan tahapan pemilu, Sarna menyebut tidak menemukan begitu banyak kendala, hanya saja terdapat satu surat suara tercecer yang membuat anggota KPPS harus membongkar satu-persatu kotak suara.

“Kami lihat Beliau sehat, makanya ditunjuk jadi ketua. Kemarin sore masih bercanda sama kita, bahkan juga sempat lepas tenda sendirian,” terang Sarna.

Kepergian Bendahara RT 06 Loktuan ini juga menyisakan duka bagi rekan kerjanya. Hasanuddin salah satunya. Ia mengungkapkan jika selama ini Azikin dikenal agamis dan baik terhadap siapapun.

“Saya nggak bisa berkata-kata, intinya dia orang yang sangat baik. Bahkan ditempat kerja dia yang berinisiatif untuk bangun Musholla,” ujar Hasanuddin.

Meninggalnya Muhammad Azikin ini pun telah dilaporkan KPU Bontang ke KPU RI. “Sudah kami laporkan, tapi apakah mendapat santunan dan besarannya berapa belum ada bocoran,” kata Komisioner KPU Bontang Saparuddin saat dikonfirmasi Tim liputan pktvbontang.com. (*)

 

Laporan : Yulianti Basri 

Click to comment
To Top