Berita Kota

Dibuka Walikota, Pesta Laut Bontang Kuala Kembali Digelar

Bontang. Agenda tahunan Pesta Laut Bontang Kuala tahun 2016 kembali digelar dan berjalan meriah. Hal tersebut tampak padapembukaan kegiatan Selasa 22 November 2016 kemarin. Mengusung tema “Dengan Pesta Laut 2016 Kita Lestarikan Adat Budaya dan Kesenian Daerah”.

Selain Walikota dan Wakil bersama pimpinan SKPD dan FKPD Bontang, pembukaan pesta laut ini juga dihadiri perwakilan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Agenda tahunan ini dilaksanakan untuk meningkatkan serta menjunjung tinggi kebudayaan dan menjaga kearifan lokal di Bontang Kuala. Acara akan di gelar selama lima hari, dimeriahkan berbagai lomba tradisional. Diantaranya balap ketinting, lomba renang, panjat pinang, sumpit dan sebagainya,” papar ketua panitia pelaksana Catur Ramadhan.

Pelaksanaan agenda tahunan ini disambut gembira perwakilan Kesultanan Kutai Kartanegera Ing Martadipura. Aji Pangeran Haryo Kesuma Puger dalam sambutannya mengatakan pesta laut Bontang Kuala begitu luar biasa, dan diikuti antusias masyarakat. Ia berharap kesulitan pemerintah saat ini dapat teratasi, serta petani dan nelayan Bontang terus mendapatkan kehidupan dan perekonomian yang lebih baik.

“Saya sangat apresiasi agenda budaya ini berjalan meriah dan disambut gembira oleh warga. Kegiatan seperti ini hendaknya terus dilestarikan dalam menjaga kearifan lokal kita,” ujarnya.

Sementara Walikota Neni Moerniaeni yang sekaligus membuka pagelaran pesta laut, sangat yakin kegiatan ini mampu mempertahankan eksistensi kearifan lokal dan meningkatkan ekonomi masyarakat Bontang. Meski banyak tantangan yang tengah dihadapi, ia yakin seluruhnya dapat teratasi melalui kerjasama semua pihak.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancer, guna mempertahankan khasanah budaya kita di Kota Bontang,” ucapnya.
Pembukaan pesta laut Bontang Kuala tahun 2016 ditandai pemukulan gong oleh Walikota, didampingi putra pangeran kesultanan kutai kartanegara. (*)

 

Laporan : Rahma & Faisal