Pendidikan

Demi Generasi Cerdas, Guru Harus Paham Kebijakan Daerah

Rusmadi mengucapkan selamat pada pengukuhan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) SMA/SMK/ada SLB Kota Bontang. (rosehan/humasprov kaltim).

Bontang. Sekretaris Provinsi Kaltim Rusmadi, meminta para guru agar memahami visi dan misi pembangunan daerah. Hal ini penting agar guru dapat memberikan pengajaran yang baik kepada siswa, hingga lahir generasi yang cerdas cemerlang dan berintegritas.

“Penting bagi guru memahami kebijakan dan visi misi kepala daerah, menyampaikannya kepada siswa hingga nantinya lahir generasi yang bukan hanya cerdas cemerlang, tetapi juga berintegritas,” kata Rusmadi saat pengukuhan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) SMA/SMK/SLB Kota Bontang di Hotel Oak Tree Bontang, Jumat (18/8).

Anak didik lanjut Rusmadi juga penting diberikan pemahaman tentang hakekat pembangunan agar nantinya mereka juga memiliki kepribadian yang berintegritas dan berkebangsaan.

Edukasi di sekolah harus mengajarkan integritas dan kebangsaan hingga bermuara pada cita-cita kejayaan bangsa.

Strategi kebijakan utama yang harus dipahami guru agar dapat disampaikan kepada siswa bahwa pembangunan harus menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, namun lingkungan tetap terjaga.

“Kita tidak boleh hanya fokus pada soal ekonomi, tapi harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan rakyat dan terjaganya lingkungan,” jelas Rusmadi. Dengan bekal pemahaman tersebut, maka Rusmadi yakin guru-guru di Kaltim bukan hanya akan melahirkan generasi yang cerdas, tetapi juga bertanggung jawab memikirkan keberlanjutan bangsa.

Pengukuhan kemarin dilakukan kepada 7 pengawas SMA/SMK/SLB dan 3 kepala SMAN, 3 kepala SMKN dan 1 SLB Negeri. Sedangkan PTK negeri dan swasta di Bontang berjumlah 746 orang. Dukungan untuk para guru SMA/SMK ditegaskan Walikota Bontang Neni Moerneani. Meski pengelolaan SMA kini beralih ke provinsi, Pemkot Bontang akan tetap memberikan perhatian.

“Kami akan tetap perhatikan. Kami titipkan anak-anak Bontang agar jadi generasi yang tangguh. Kita harus optimis kita harus bisa,” tegas Neni. Dukungan serupa disampaikan Ketua DPRD Bontang Nursalam. (sul/ri/humasprov)

 

Laporan: Humas Pemprov Kaltim

Click to comment
To Top