Kaltim

Debat Publik Ketiga Pilgub Kaltim Digelar di Balikpapan

Komisioner KPU Kaltim Syamsul Hadi (ist)
Komisioner KPU Kaltim Syamsul Hadi (ist)

Kaltim. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim menetapkan debat kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, akan digelar di Balikpapan.

Diungkapkan Komisioner KPU Kaltim Syamsul hadi, hal ini diputuskan melalui rapat bersama Liaison Officer (LO) seluruh paslon, Kepolisian dan Bawaslu Kaltim di Mesra Hotel Samarinda. Dan menetapkan debat berlangsung 22 Juni mendatang.

Alasan Balikpapan dipilih sebagai lokasi debat, karena pertimbangan keamanan selain juga seluruh LO paslon menyetujui debat berlagsung di Kota Minyak.

“Dari pertimbangan keamanan dan seluruh LO paslon setuju, akhirnya ditetapkan debat putaran tiga dilaksanakan di Balikpapan,” ujar Syamsul Hadi, saat dikonfirmasi Senin (11/6).

Namun begitu lanjut Syamsul, untuk kepastian tempat serta stasiun televusi yang akan di gandeng masih menunggu hasil rapat lanjutan.

Termasuk ketentuan batas maksimal massa yang dibolehkan ikut dalan acara tersebut, karena kecenderungan adanya peningkatan massa jika dibanding sejak awal debat publik dilaksanakan.

“Kami minta segera diputuskan (LO) tempatnya. Apakah hotel atau dimana, juga stasiun tv lokal yang akan menyiarkan debat juga harus segera diputuskan,” tambah Syamsul.

Terkait massa pendukung, pihaknya kata Syamsul membolehkan tiap paslon membawa maksimal 100 orang pendukung, dengan artian maksimal 400 massa yang dibolehkan ikut kegiatan debat publik ketiga.

Sementara untuk tema debat ketiga, akan menyasar isu feformasi birokrasi, pelayanan publik, hingga korupsi.

“Hal ini semoga menjadi perhatian pendukung tiap paslon, agar tidak melebihi ketentuan yang dibolehkan,” imbaunya. (*)

 

Laporan: Tim Liputan Pktv

Click to comment
To Top