Berita Kota

Cuaca Buruk, Pasokan Ikan Bontang Turun 50 Persen

Kepala UPT PPI Tanjung Limau Robisai Manassa (Foto: Mansur)

Bontang. Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tanjung Limau Robisai Manassa Malisa, menyebut jika cuaca buruk yang terjadi dalam dua pekan terakhir, membuat pasokan ikan di Bontang mengalami penurunan hingga 50 persen dari biasanya.

Hal tersebut karena banyak kapal yang biasa melakukan pembongkaran ikan, tidak berani berlayar ke Bontang akibat tingginya gelombang disertai angin kencang.

“Makanya dalam beberapa waktu terakhir, pasokan ikan kita turun drastic akibat banyaknya kapal yang tak bisa berlayar,” ungkapnya, saat ditemui Rabu (13/12).

Namun begitu, kebutuhan ikan Bontang kata Robisai, tetap terpenuhi. Mengingat nelayan pancing dan tangkap tetap melakukan aktifitas seperti biasanya, meski tidak dipungkiri jika harga dipasaran mengalami kenaikan akibat kurangnya pasokan.

“Untungnya nelayan belat kita aktif dan tidak terpengaruh cuaca, sehingga untuk kebutuhan ikan masyarakat Bontang tidak seberapa berpengaruh,” tambahnya.

Lebih lanjut, cuaca buruk diprediksi akan berlangsung hingga pertengahan Januari 2018 mendatang, sehingga PPI Tanjung Limau diakui Robisai Manassa, terus mengingatkan nelayan untuk selalu berhati-hati dengan menggunakan peralatan keselamatan saat melaut.

“Kami juga menghimbau nelayan Bontang, khususnya nelayan pancing, agar dapat melaporkan diri sebelum berangkat kepada petugas PPI. Dan selalu menggunakan pelampung selama melaut, mengingat gelombang dapat datang secara tiba-tiba,” pungkasnya.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top