Berita Kota Kesehatan Topik

Cara Alami Atasi Mata Kering

Bontang. Mata kering harus segera diatasi agar tak menimbulkan masalah serius.

Mata kering termasuk satu masalah yang mengganggu kenyamanan. Bagaimana tidak, tiba-tiba saja mata terasa gatal, panas, mudah lelah, pandangan kabur, terasa ada butiran di mata dan lain sebagainya.

Mungkin sebagian dari Anda merasa bingung, apa yang menjadi penyebab mata kering?

Penyebab mata kering sangat beragam, di antaranya kekurangan vitamin A, pertambahan usia, paparan sinar matahari, penggunaan lensa kontak dalam waktu lama, obat-obatan tertentu, kebiasaan menatap layar TV atau komputer sepanjang hari, iritasi lingkungan, operasi katarak, dan penyakit tertentu.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi mata kering yakni dengan menggunakan obat tetes mata, namun pastikan tanggal kadaluarsanya. Selain itu ada beberapa cara alami yang mudah dan aman untuk digunakan, diantaranya :

 

1.    Minum air putih  yang cukup

Mencukupi kebutuhan cairan tidak hanya menjaga kebugaran tubuh, tapi juga menjaga selaput lendir mata agar tetap terjaga kelembapannya.

2.    Hindari mengucek mata

Mata kering seringkali menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Meski begitu jangan pernah menguceknya karena hanya memperparah kondisi mata Anda.

3.    Konsumsi makanan kaya omega 3

Mengonsumsi makanan kaya omega 3 dapat membantu agar mata tidak kering. Makanan yang kaya omega 3, antara lain : ikan berlemak, kacang kenari, biji rami dan lain sebagainya.

4.    Istirahatkan mata dari layar monitor/TV

Jangan forsir mata Anda untuk menatap layar computer/TV atau HP. Istirahatkan setiap satu jam sekali agar risiko mata kering bisa dikurangi.

5.    Kurangi penggunaan lensa kontak

Jika masalahnya adalah akibat penggunaan lensa kontak, maka pastikan Anda batasi penggunaannya dan biarkan mata istirahat.

6.    Kompres mata

Untuk membuat mata dingin dan terjaga kelembapannya, Anda bisa rutin mengompres mata dengan bahan-bahan alami, misalnya : mentimun, es batu, kantung teh, kentang, dan lain sebagainya.
Selain cara diatas pastikan Anda selalu melindungi mata dari hal-hal yang memicu mata kering, misalnya dengan menggunakan kacamata, tidur yang cukup, dan lain sebagainya. (Berbagai sumber)(*)

Editor : Kartika Anwar