Tim asesor KPKU Pupuk Indonesia bersama Manajemen Pupuk Kaltim (Foto: Mansur)
Corporate

Capai Kinerja Terbaik, PKT Ikuti Asessment KPKU Pupuk Indonesia

Bontang. Tim asesor PT Pupuk Indonesia (persero) dari Kementerian BUMN gelar asesmen kriteria penilaian kinerja unggul (KPKU), guna menilai kinerja Pupuk Kaltim tahun 2017 melalui kriteria baldrige. Kamis, 30 November 2017.

Asesmen KPKU secara garis besar terdiri dari tujuh kategori, diklasifikasikan dalam dua kelompok kategori, yaitu kategori process dan result.

Melalui kegiatan ini, diharap dapat memberi masukan dalam pengelolaan perusahaan, sesuai praktik terbaik untuk mencapai kinerja unggul. Dimana masukan tim assesor berupa opportunity for improvement bagi perusahaan, berupa langkah yang dapat menyempurnakan praktik yang telah dilakukan dalam mencapai kinerja terbaik.

“Tahun lalu, pupuk kaltim berhasil meraih nilai 604,25 persen, dan diharap tahun ini dapat meningkat sesuai targetkan. Serta adanya asessmen ini, dapat membantu proses peningkatan kinerja di Pupuk Kaltim,” ujar General Manager Operasi 1 Pupuk Kaltim, Heri Subagyo.

Sementara perwakilan tim asesor, Faisal Arif, mengatakan sebagai anak perusahaan Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim diwajibkan melakukan kriteria penilaian kinerja unggul, untuk mendiagnosa sistem manajemen kinerja secara keseluruhan. Serta mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan organisasi.

“Sekaligus menilai upaya perbaikan kinerja dengan sebelas tata nilai dan konsep yang dimiliki perusahaan berkinerja tinggi. Hal ini yang perlu diteladani dan dicontoh,” paparnya.

Sebelum ke lapangan, tim champions terlebih dulu menyampaikan dokumen aplikasi KPKU BUMN dan mempresentasikannya dari quisioner yang sesuai standar KPKU. Lalu dalam menyiapkan dokumen aplikasi, setiap unit kerja terkait dengan tiap kategori diharuskan menjawab pertanyaan yang telah ditentukan. Dan berdasarkan jawaban quisioner, tim assessor akan melakukan penilaian serta memberikan masukan guna peningkatan kinerja unggul di Pupuk Kaltim.(*)

 

Laporan: Ervi | Mansur