Pilkada

Butuh 133 Personel, PPS Tanjung Laut Indah Mulai Rekrutmen KPPS

Ketua PPS Tanjung Laut Indah Hamsinar (Foto: Nasrul)
Ketua PPS Tanjung Laut Indah Hamsinar (Foto: Nasrul)

Bontang. Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tanjung Laut Indah Bontang Selatan, mulai rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilgub Kaltim 2018.

Tim PPS Tanjung Laut Indah membutuhkan 133 orang, untuk ditempatkan di 19 TPS se-Kelurahan Tanjung Laut Indah. Dengan masing-masing TPS sebanyak tujuh petugas.

Setelah seleksi administrasi, PPS Tanjung Laut Indah melakukan tes wawancara kepada calon KPPS di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bontang Selatan. Sabtu, 5 Mei 2018.

“Tes diikuti 150 peserta yang memenuhi syarat adminsitrasi, dari 153 berkas pendaftar yang masuk,” ujar Ketua PPS Tanjung Laut Indah Hamsinar, saat ditemui Senin (7/5) pagi.

Dikatakannya, pendaftaran dibuka pada tanggal 7 hingga 12 April 2018 lalu. Namun karena kurangnya peminat, dilakukan perpanjangan waktu hingga 24 April 2018.

“Kurangnya peminat KPPS salah satunya didasari persyaratan ijazah SMA yang harus dilegalisir,” tambahnya.

Tes wawancara dilakukan selama tiga hari, mulai tanggal 4 hingga 6 Mei 2018. Dengan materi seputar netralitas peserta sebagai penyelenggara pemilu, ditambah beberapa pengetahuan umum seputar pemilu.

“Kami berharap KPPS yang terpilih nantinya dapat memegang teguh komitmen sebagai penyelanggara pemilu, agar Pilkada dapat terlaksana secara aman, lancar, dan berkualitas,” katanya.

Kriteria KPPS yang akan direkrut sesuai dengan peraturan KPU, diantaranya secara administratif adalah warga Indonesia berusia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, serta cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

Sementara syarat khusus, mempunyai integritas serta pribadi yang kuat, jujur dan adil. Tidak menjadi anggota partai politik, domisili di wilayah kerja KPPS, dan mampu secara jasmani maupun rohani.

“Setelah tes wawancara kami akan lakukan bimtek kepada peserta yang terpilih sebagai petugas KPPS,” pungkasnya. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top