Berita Kota

Buaya 4,5 Meter Hebohkan Warga Api-Api

buaya 4,5 meter dievakuasi disdamkartan bersama warga (foto:net)
buaya 4,5 meter dievakuasi disdamkartan bersama warga (foto:net)

Bontang. Kemunculan buaya berukuran 4,5 meter yang selama ini kerap menghebohkan warga RT 07 Kelurahan Api-api akhirnya berhasil di evakuasi pada Minggu, (17/3/2019) 21.00 Wita.

Penangkapan buaya jumbo ini berhasil dilakukan oleh dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan dibantu oleh warga sekitar menggunakan tali.

Menurut staf penanggulangan dan pengawasan dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan, Rudy Kuncoro bahwa penangkapan buaya ini berawal dari laporan masyarakat sekitar pada pukul 19.00 Wita. Proses evakuasi buaya tersebut membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Rudy menambahkan bahwa kendala selama penangkapan buaya tersebut yakni banyaknya warga yang berbondong-bondong menonton proses evakuasi.

“Buaya itu diduga telah lama berada di sungai Api-api, pasalnya beberapa kali masyarakat kerap melihat kemunculannya bahkan sempat viral di media sosial facebook,” kata Rudy.

Lebih lanjut Rudy Kuncoro mengatakan bahwa kemungkinan masih terdapat buaya di sekitar sungai Api-api Bontang. Pasalnya diduga wilayah tersebut merupakan sarang makanan bagi buaya.

“Masyarakat diharapkan dapat lebih berhati-hati ketika beraktifitas di sekitar sungai Bontang, karena kemungkinan masih ada buaya di sekitar sungai Bontang,” jelasnya.

Buaya berukuran 4,5 meter tersebut kemudian diserahkan dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan kepada Balai Taman Nasional Kutai (TNK) untuk dilepasliarkan ke tempat yang jauh dari pemukiman warga. (*)

Laporan: Yulianti Basri

 

  • 34
    Shares
Click to comment
To Top