Kepala BPS Bontang Basiran Suwandi
Berita Kota

BPS: Tumbuh 0,18 Persen, IPM Bontang Masih Tertinggi di Kaltim

Bontang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Bontang tahun 2016, naik sebesar 0,18 persen dari tahun sebelumnya, dengan total nilai 78,92. Angka ini menempatkan Bontang pada urutan teratas, dari seluruh Kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Disusul Kota Samarinda dengan nilai 78,91 dan Balikpapan 78,69.

Diungkapkan Kepala BPS Bontang Basiran Suwandi, hasil penilain IPM oleh BPS Provinsi dilakukan melalui beberapa indikator. Diantaranya angka harapan hidup, harapan rata-rata lama sekolah usia 25 tahun keatas, dan rata-rata kemampuan daya beli masyarakat.

“Dan dari semua indikator tersebut, Bontang meraih nilai tertinggi pada angka harapan hidup dan tingkat kemapuan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Meski begitu, untuk pertumbuhan IPM Bontang tahun 2016, masih berada dibawah kabupaten/kota lainya. Dimana Balikapan mengalami kenaikan hingga 0,28 persen, Samarinda 0,50 persen, Mahakam Ulu 0,96 persen, Penajam Paser Utara 1,01 persen, Berau 0,45 persen, Kutai Timur 0,48 persen, Kutai Kartanegara 0,57 persen, Kutai Barat 0,94 persen, dan Kabupaten Paser 1,00 persen.

“Maka dari itu, untuk mempertahankan IPM terbaik, pemerintah diharapkan terus mempersiapkan kiat dan kebijakan dalam memperbaiki indikator kinerja yang mendukung pembangunan,” tambahnya. (*)

 

Laporan: Mansur