Berita Kota

BPS Bontang Mulai Jaring Petugas Sensus Ekonomi 2016

Bontang. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang terus mantabkan persiapan jelang sensus ekonomi tahun 2016, yang akan berlangsung Mei 2016 mendatang. Setelah sosialisasi kepada instansi dan pihak terkait, kini BPS Bontang mulai lakukan penjaringan petugas yang akan dikontrak selama satu bulan pelaksanaan sensus.

“Saat ini sudah ada sekitar 200-an warga yang mendaftar. Kalau masih ada yang berminat silakan, pendaftaran masih dibuka,” ujar Kepala BPS Bontang, Basiran Suwandi.

Pelamar ini nantinya akan diseleksi secara adminsitrasi, untuk kemudian dilakukan tahapan tes bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi berkas.
“Tahapan tes dilakukan setelah pendaftaran ditutup dan seleksi berkas lamaran yang masuk,” tambahnya.

Sensus ekonomi wajib dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. Sensus ekonomi merupakan pendataan seluruh aktivitas dan skala ekonomi diluar pertanian bagi seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini diamanatkan dalam Undang-undang nomor 16 tahun 1997.

Cakupan sensus ekonomi ini diantaranya seluruh usaha dan perusahaan non pertanian. Untuk kategori lokasi tetap diantaranya Mall, perkantoran, pasar, dan perbankan. Sementara lokasi tidak tetap, mencakup pedagang kaki lima dan pelaku jenis usaha kecil lainnya.

“Kami sangat berharap kerjasama seluruh pihak, untuk sukseskan sensus ekonomi tahun ini,” pungkas Basiran.

 

Laporan : Mansur

Editor : Maya Ch

Click to comment
To Top