Penyerahan dropbox oleh Walikota Bontang pada perwakilan Kelurahan (Faisal)
Berita Kota

BPJS Terapkan Mekanisme Dropbox Dititik Layanan Publik

Bontang. Upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya pekerja bukan penerima upah di Kota Bontang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar sosialiasasi mekanisme pendaftaran pekerja bukan penerima upah, program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan mekanisme dropbox (kotak pendaftaran) di titik layanan publik.

Dijelaskan Kepala Unit MK dan UPMP4 Samarinda Achmad Zainuddin, mekanisme dropbox di titik layanan publik pemerintah Kota Bontang, bertujuan untuk mempermudah pendaftaran peserta yang selama ini banyak terkendala oleh faktor lokasi, serta cukup lamanya antrian di kantor BPJS.

“Dengan mekanisme ini, bagi masyarakat yang ingin mendaftar BPJS dapat dilayani dengan lebih mudah dan cepat,” ungkapnya saat sosialisasi mekanisme dropbox yang dilaksanakan Kamis 16 Maret 2017, bertempat di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Bontang Utara.

Sementara Walikota Bontang Neni Moerniaeni, pada kesempatan tersebut berharap hal ini dapat mengakomodir pelayanan kepada pekerja bukan penerima upah, serta dapat menerima layanan pendaftar bagi masyarakat pekerja yang mandiri. Seperti halnya babysitter dan guru musiman yang berasal dari luar Bontang.

“Kemudahan seperti inilah yang harusnya lebih ditingkatkan lagi oleh bpjs kedepannya. Agar bisa mengakomodir secara keseluruhan,” ujarnya.

Didampingi Kepala Unit MK dan UPMP4 dan Kepala BPJS Kesehatan Bontang, Walikota secara simbolis menyerahkan dropbox atau kotak pendaftaran kepada perwakilan kelurahan.(*)

 

Laporan: Faisal