Pemerintah

BPBD Akan Bentuk Satgas Bencana Hingga Tingkat RT

Kepala BPBD Bontang Ahmad Yani

Bontang. Dalam upaya mempercepat penanggulangan bencana yang terjadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berencana membentuk satuan tugas (satgas) mulai dari tingkat Kecamatan hingga Kelurahan se-Kota Bontang.

Hal tersebut guna menyentuh penanggulangan bencana hingga tingkat rukun tetangga (RT), sehingga saat terjadi bencana satgas tersebut bisa bergerak cepat, tanpa harus menunggu tim BPBD Bontang.

“Satuan tugas yang terbentuk terdiri dari berbagai bidang, dan memiliki tugas masing-masing. Diantaranya bidang komunikasi, dapur umum, evakuasi, keamanan, kesehatan, dan bidang umum,” ujar Dikatakan Kepala BPBD Bontang Ahmad Yani.

Lebih jauh, Ahmad Yani pun menargetkan satgas dapat terbentuk ditiap RT, terlebih pihaknya telah memetakan potensi bencana dengan tingkat kerawanan di berbagai wilayah Bontang. Maka satgas dituntut memiliki kemampuan khusus dan jiwa kepemimpinan, untuk menggerakan anggota satuan tugas dan masyarakat sekitar dalam menangani suatu bencana.

“Upaya tersebut yang tengah kita upayakan, agar penanggulangan bencana yang sekira terjadi, bisa tertangani dengan lebih cepat,” tambahnya. (*)

 

Laporan: Yulianti Basri

Click to comment
To Top