Pemerintah

Bontang Satu-satunya Kota Tanpa Sengketa Informasi di Kaltim

Ketua Komisi Informasi Kalimantan Timur Lilik Rukitasari (Foto: Faisal)
Ketua Komisi Informasi Kalimantan Timur Lilik Rukitasari (Foto: Faisal)

Bontang. Melalui penghargaan Komisi Komisi Informasi Provinsi Kaltim, Bontang diklaim menjadi satu-satunya kota di Kalimantan Timur yang tidak pernah tersandung sengketa informasi publik.

Disampaikan Komisioner Komisi Informasi (KI) Kaltim Lilik Rukitasari, pada dasarnya sengketa informasi terjadi bila seseorang mengajukan permohonan informasi publik ke badan publik, namun tidak dilayani.

Dan hal itu tidak terjadi di kota Bontang, ditengah pemohon informasi publik di bontang yang cukup banyak setiap tahunnya.

“Hal ini juga menjadi pembuktian kualitas pelayanan PPID Bontang sangat baik dan bagus,” kata Lilik usai menyerahkan piagam penghargaan kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Bontang sebagai PPID terbaik kedua di Kaltim. Senin, 7 Mei 2018.

Baca Juga: Bontang Raih Peringkat Dua Keterbukaan Informasi Publik

Sementara Kepala Seksi Pengelola Informasi Publik Diskominfo Kaltim Aris Sampe, mengatakan meski tidak pernah tersandung sengketa informasi, tapi PPID Bontang wajib membentuk tim sengketa informasi, sebagai antisipasi saat menghadapi berbagai sengketa yang bisa saja muncul.

“Maka perlu untuk dibentuk tim sengketa, sehingga saat ada masalah bisa diselesaikan segera,” ucapnya.
Berdasarkan data Diskominfotik Bontang, tahun 2016 lalu jumlah pemohon informasi mencapai 72 pemohon, sedangkan 2017 menurun jadi 34 pemohon.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top