Berita Kota Topik

Bontang Masa Lampau, Bantuan Desa Hanya 3,5 Juta Pertahun

Bontang. Dibalik kesuksesan dan kemajuan kota taman saat ini, terdapat sedikit cerita. Khususnya saat masih di bawah pemerintahan desa. Dipaparkan Yusran Thayyib, mantan Kepala Desa Loktuan dan Abdul Karim, yang juga pernah menjabat Kepala Desa Bontang Baru, bantuan desa saat itu hanya berkisar 3,5 Juta Rupiah pertahunnya.

Kepala desa pun harus memutar otak untuk menggunakan anggaran se-efisien mungkin.
Bagaimana tidak, dengan dana 3,5 Juta Rupiah itu, digunakan untuk pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), karang taruna, hingga pembangunan fisik.

“ Bantuan desa senilai 3,5 juta rupiah tersebut sekitar tahun 1993, lalu naik menjadi lima juta rupiah setahun pada 1999. Dan itu menjadi bantuan desa terakhir dari Kutai Kartanegara,” papar Yusran Thayyib.

Desa Bontang dan Desa Tanjung Laut dulunya menjadi dua desa persiapan untuk Kecamatan Bontang. Perkembangan terus berlanjut hingga Desa Bontang menjadi Kecamatan Bontang Utara dan Desa Tanjung Laut menjadi Kecamatan Bontang Selatan.

Hingga kemudian berkembang menjadi kota administratif, dan pemerintahan baru desa berubah menjadi Kelurahan. Sejak itu, penduduk Bontang terus bertambah karena pendatang serta faktor kelahiran. (*)

 

Laporan : Yuli & Nasrul

Editor : Maya Ch