Koordinasi antara Pemerintah bersama Forkohat jelang penilaian kota sehat 2017 (Foto: Humas)
Pemerintah

Bontang Bersiap Hadapi Penilaian Kota Sehat 2017

Bontang. Kota Bontang tengah bersiap menghadapi penilaian Kota Sehat tahun 2017, dengan memulai koordinasi bersama Forum Kota Sehat (Forkohat) pada Selasa 28 Februari 2017 lalu. Diikuti seluruh organisasi perangkat daerah, Kecamatan, Kelurahan, serta perusahaan yang ada dikota Bontang.

Dikatakan Ketua Tim Pembina Forkohat Bontang Zulkifli, penilaian kota sehat tahun ini Bontang diharuskan memenuhi sejumlah hal, seperti kesiapan dokumen pendukung, serta sinergi program dengan berbagai pihak terkait, dalam mewujudkan Bontang sebagai kota sehat.

“Ini yang akan kita siapkan dalam waktu dekat, sehingga saat penilaian kita bisa memenuhi seluruh persyaratan tersebut,” ungkapnya.

Senada, Walikota Bontang Neni Moerniaeni dlaam kesempatan tersebut mengatakan penilaian kota sehat memiliki delapan tatanan atau indikator pokok penilaian. Diantaranya kawasan pemukiman dan sarana prasarana umum, kawasan tata tertib lalu lintas dan layanan transportasi, kawasan hutan yang sehat, kawasan industri dan perkotaan yang sehat, kawasan pariwisata yang sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

“Delapan hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, agar kita benar-benar siap dalam menghadapi penilaian tahun ini,” terangnya.

Diketahui, penilaian kota sehat tahun ini merupkan kali ke-12 sejak dimulai pada tahun 2005 lalu. Sejauh ini, Bontang berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi, salah satunya wistara emas sebagai kota sehat.(*)

 

Laporan: Faisal