Pemerintah Topik

Bontang Akhirnya Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian

Bontang. Setelah 6 tahun berjuang, Pemerintah Kota Bontang akhirnya meraih predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk yang pertama kalinya, atas kinerja tata kelola keuangan Pemkot Bontang tahun 2014, oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI.

Raihan WTP yang berhasil didapatkan Bontang kali ini, berdasarkan sejumlah kriteria pemeriksaan laporan keuangan daerah yang dinilai sangat baik. Meskipun masih ada sejumlah hal yang harus menjadi perhatian dari Pemerintah kedepannya.

“predikat ini berdasrkan penilaian kinerja laporan keuangan daerah yang berhasil dilaksanakan dengan baik oleh Bontang. Namun masih ada beberapa catatan yang kedepannya harus diperbaiki agar WTP dapat terus bertahan,” jelas Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Kaltim, ZainalAbidin disela-sela pernyerahan bantuan.

Menilai perolehan predikat WTP, Walikota Bontang Adi Darma menyatakan jika hal ini tidak terlepas dari usaha serius Pemerintah Kota dalam memajukan Bontang melalui berbagai program.

Peningkatan SDM dan sarana prasarana masyarakat, menurut Walikota menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan.

Disamping peran serta DPRD Kota Bontang, yang terus melaksanakan fungsinya sebagai lembaga kontrol kinerja Pemerintah.

“semua ini tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak seperti halnya masyarakat dan DPRD. Pembangunan yang berjalan, sarana prasarana masyarakat yang terpenuhi, akhirnya mengantarkan kita meraih WTP tahun ini dari BPK.” Ungkapnya bangga.

Selain Bontang, Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara turut menerima predikat WTP dari BPKRI untuk tahun 2014.

 

Laporan : Sary Attaya

Editor : Revo Adi M