Pemerintah

Berkibar di Otonomi Award, Bontang Borong Dua Penghargaan

BONTANG. Bontang kembali mendapatkan penghargaan di ajang Jawa Pos Institute Pro-Otonomi (JPIP) Area Kaltim-Kaltara tahun 2015. Walikota Bontang Adi Darma menerima langsung penghargaan ini pada Malam Anugerah Otonomi Award di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Rabu (9/9/2015) pekan lalu.

Dalam ajang tersebut, Bontang meraih Grand parameter Performa Politik Lokal. Serta juara 1 Bidang Performa Politik Lokal untuk Indikator Partisipasi Politik Publik dengan Program Bontang Kota Hijau. Penghargaan JPIP Award ini menurut Adi Darma sangat memotivasi daerah untuk lebih kreatif dalam melaksanakan pembangunan.

“ saya tidak menyangka kita lagi-lagi mendapatkan penghargaan bergengsi, ini prestasi yang kembali kita torehkan di JPIP Award, dan harus kita pertahankan. Penghargaan saya peruntukkan bagi masyarakat yang selama ini telah mendukung Pemerintah dalam berbagai bidang,” ungkap Adi Darma.

Secara keseluruhan, Kutai Kartanagera (Kukar) menjadi juara dengan tiga piala, disusul Bontang dan Samarinda, masing-masing dua. Persaingan ketat Otonomi Award tahun ini begitu terasa. Sejumlah program unggulan (prolan) dari berbagai kabupaten/kota diakui juri sangat kesulitan untuk memilih yang terbaik.

Direktur Eksekutif JPIP Kaltim-Kaltara Sofyan Masykur menerangkan, program ini sebagai bentuk pertanggungjawaban JPIP kepada berbagai pihak, terutama saksi kinerja kepala daerah di Kaltim. Hasilnya, pada tahun ini, nyaris semua daerah memiliki program inovasi berhak atas penghargaan. Dari tiga parameter, sembilan daerah memperoleh piala. Namun, hanya tiga daerah yang diganjar grand parameter.

Asisten Sekprov Kaltim Bidang Administrasi Umum Meiliana yang mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyatakan, JPIP sangat mengapresiasi kepala daerah yang memacu semangat dan pengabdian untuk pembangunan pada era otonomi daerah. Termasuk menggalang kinerja pemerintah daerah dalam mengidentifikasi potensi serta peningkatan kapasitas pelayanan.

“Kebijakan diperlukan menghadapi kemajuan zaman. Sehingga diperlukan banyak perubahan baik ditingkat nasional maupun daerah,” ujarnya

 

Laporan : Humas Pemkot Bontang

Editor : Revo Adi M

Click to comment
To Top