Berita Kota

Berbagi Lewat Etalase Nasi Bungkus Gratis di Bontang

etalase berbagi jumat berkah dijalan suryanata sendawar bontang utara (foto:yuli)
etalase berbagi jumat berkah dijalan suryanata sendawar bontang utara (foto:yuli)

Bontang. Sejumlah orang melangkah menghampiri sebuah etalase yang berdiri di pinggir jalan Suryanata Sendawar Bontang Utara. Mereka secara bergantian membuka etalase berisi nasi bungkus dan air mineral.

Keberadaan etelase tersebut cukup menyita perhatian, tampak di etalase tertera tulisan ‘tempat nasi gratis’ siapapun boleh mengambil, siapapun boleh mengisi’.

Usut punya usut, ternyata nasi bungkus yang ada dalam etalase tersebut sengaja disediakan bagi siapapun yang ingin makan gratis.

Etalase tersebut seolah menghimbau nurani bagi siapa saja yang lewat di depannya untuk menebar kebaikan terhadap sesame.

Sesuai dengan tulisan yang tertera, siapapun boleh mengambil makanan dan minuman dalam etalase tersebut secara gratis. Tak hanya itu, siapapun juga boleh mengisi makanan dan minuman di tempat itu tanpa ada imbalan sedikitpun.

Menurut Kartini, sang pemilik rumah bahwa ide dari etalase pahala nasi bungkus gratis setiap Jumat ini merupakan ide dari sang anak yang bernama Fitri bersama dua sahabatnya Ema dan Lely yang berkeinginan untuk berbagi terhadap sesama lewat kegiatan seperti ini.

Etalase berbagi ini sendiri baru berjalan selama dua bulan terakhir. Menurut Kartini, antusias masyarakat sangatlah positif. Beberapa donatur bahkan rutin mengirim makanan maupun donasi uang setiap Jumat.

“Semoga dapat memotivasi masyarakat lain untuk rajin bersedekah, serta bisa menolong warga yang kurang mampu,” harap Kartini.

Keberadaan etalase nasi gratis ini pun mendapat respon yang positif dari salah seorang warga yakni Andi Nursia yang merasa senang dengan adanya program berbagi seperti ini karena setiap hari Jumat, ia kebagian nasi bungkus gratis. Pasalnya, di usianya yang telah senja ini, ia tak lagi bisa bekerja sehingga dengan adanya makanan gratis meski hanya seminggu sekali ini membuat dirinya sedikit terbantu.

“Senang sekali, setiap hari jumat pasti dapat,” kata Nursia.

Senada dengan itu, Heru salah satu driver ojek online juga senang dengan etalase makanan gratis ini. Ini merupakan kali keduanya ia kebagian makanan dari etalase tersebut.

Nasi bungkus gratis ini hanya buka setiap hari Jumat saja, sejak pukul 08:00 Wita hingga pukul 11:00 Wita. (*)

 

Laporan: Yulianti Basri

 

Click to comment
To Top