Berita Kota

Berbagi Kebahagiaan, UPZ Pupuk Kaltim Gelar Khitanan Massal

GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid bersama wali kota bontang neni moerniaeni pada saat mengunjungi para peserta yang tengah dikhitan (foto: yahya/pktv)

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menunjukkan kepeduliannya kepada warga sekitar perusahaan, bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pupuk Kaltim, serta Rumah Sakit Pupuk Kaltim (RS PKT), Pupuk Kaltim mengadakan khitanan massal bagi warga sekitar perusahaaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pupuk Kaltim ke–42.

Pada khitanan massal tersebut, tercatat sebanyak 100 perserta yang terdiri dari anak–anak tingkat usia Sekolah Dasar (SD) ikuit serta dalam kegiatan tersebut. Bertempat di Klinik Duafha Loktuan, pada Minggu (15/12/2019).

General Manager Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, yang juga merupakan Ketua UPZ Pupuk Kaltim, hadir langsung dalam kesempatan tersebut. Selain itu turut hadir pula Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Manager Humas Pupuk Kaltim Wahyudi, Lurah Loktuan Muh.Takwin, Lurah Guntung Ida Idris Marsono, serta Babinkamtibmas Loktuan.

Ketua Panitia Ahmad Rois, dalam sambutnanya mengatakan bahwa UPZ Pupuk Kaltim mengumpulkan zakat dari karyawan di Pupuk Kaltim yang nantinya akan disalurkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan untuk kegiatan Program Khitanan Massal yang dilaksanakan bertempatan dengan HUT ke-42 Pupuk Kaltim merupakan bentuk rasa syukur dan cara Pupuk Kaltim berbagi dengan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan.

“Proses pendafatran khitanan massal ini dimulai pada 15 hingga 29 November 2019, serta proses seleksi hingga peninjauan atau survei lapangan langsung oleh Tim UPZ bersama perangkat desa untuk memastikan bahwa peserta khitanan massal memenuhi kriteria untuk 8 asnaf penerima zakat,” jelasnya.

Selanjutnya selaku kuasa direksi, General Manager Umum Nur Sahid mengatakan bahwa khitanan massal yang bekerjasama dengan CSR PKT dan Rumah Sakit Pupuk Kaltim tersebut merupakan Program UPZ Pupuk Kaltim.

“Tugas UPZ Pupuk Kaltim ada 2, yaitu mengumpulkan zakat serta menyalurkan zakat sebanyak 70%. Semoga dengan adanya kegiatan ini maka dapat membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat Bontang,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa untuk 8 golongan asnaf yang telah ada, semoga dapat terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh UPZ Pupuk Kaltim. Dirinya mengapresiasi atas kerjasama dalam hal penanganan kemisikinan yang ada di kota Bontang yang dilakukan Pupuk Kaltim Melalui UPZ seperti kegiatan khitanan massal tersebut.

“Kedepannya, kami akan berkolaborasi dengan Pupuk Kaltim dalam hal penanganan bedah rumah untuk warga kurang mampu yang ada di Bontang, pungkasnya.

Seluruh orang tua peserta tampak sangat gembira dengan diadakannya khitanan massal tersebut, salah satunya adalah Laudin yang merupakan salah satu orang tua peserta yang dengan suka cita mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan UPZ Pupuk kaltim berupa khitanan massal tersebu, dirinya merasa sangat terbantu.

“Saya berharap untuk kedepannya dapat ditingkatkan untuk penyaluran zakat agar warga kurang mampu dapat menerima zakat yang disalurkan dari karyawan Pupuk Kaltim dengan baik,” ungkapnya. 

Laporan: Yahya

Click to comment
To Top