Berita Kota Ekonomi Topik

Berantas Kemiskinan, Disosnaker Geliatkan KUBE

Bontang. Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bontang terus berupaya meningkatkan peran Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebagai wadah pengembangan usaha kerakyatan. KUBE dinilai mampu mengentaskan kemiskinan berbasis kerakyatan sehingga bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Pada sosialisasi dan rapat kerja bersama 141 KUBE se Kota Bontang (16/12/2015), staf ahli bidang pemerintahan, Sukardi memaparkan Kelompok Usaha Bersama tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan berbasis ekonomi kerakyatan. Dimana melalui pemberdayaan sosial ini diharapkan dapat memperkuat cikal bakal usaha ekonomi  kreatif atau usaha rumahan yang telah bergabung dalam KUBE.

“ Ibu – ibu rumah tangga bisa bergabung dalam KUBE, lumayan buat tambahan penghasilan keluarga. Oleh karen itu KUBE konsen pada pengembangan ekonomi kerakyatan. Syukur – syukur bila tidak ada lagi masyarakat miskin di Kota Bontang”, ungkap Sukardi.

Sukardi juga berharap agar kelembagaan KUBE yang baru dibentuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi organisasi formal yang mandiri sehingga dapat digunakan oleh anggota secara khusus dan masyarakat Bontang pada umumnya.

Pada kegiatan ini, lebih dari  600 peserta dberikan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan produktivitas, trik  menjalin relasi sosial yang harmonis, memenuhi kebutuhan anggota, memecahkan masalah sosial hingga menjadi wadaj pengembangan usaha bersama.

 

Laporan : Yuli & Nasrul

Editor : Kartika Anwar