Berita Kota

Belajar Tanaman Obat Keluarga, SDN 011 Belajar ke Rumah Marifah Herbal Binaan Pupuk Kaltim

kecerian siswa-siswi sdn 011 pada saat mengunjungi Rumah TOGA Marifah Herbal binaan Pupuk Kaltim (foto: yahya/pktv)

Bontang. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 011 Bontang Selatan mengunjungi Rumah Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Marifah Herbal binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang berada di Loktuan.

Kunjungan yang dilakukan pada Sabtu (22/2/2020) tersebut diikuti oleh 53 siswa–siswi dari kelas 3 SDN 011. Kunjungan ke Rumah TOGA ini dimaksudkan juga untuk memberikan pembelajaran dan pengetahuan mengenai tanaman yang bisa dijadikan obat.

Pengelola Rumah TOGA Marifah Herbal Asma, mengatakan bahwa Rumah TOGA yang dirinya kelola selama ini adalah binaan dari CSR perusahaan Pupuk Kaltim, dimana perusahaan selalu memberikan kontribusi dan membantu dalam pembinaanya.

“Rumah TOGA saat ini memiliki 2 lahan untuk keperluan penanaman obat, rumah produksi obat, serta ruang spa yang turut dibantu oleh Pupuk Kaltim,” ungkapnya.

Selanjutnya staf CSR Pupuk Kaltim Agus Hermanto, mengatakan bahwa rumah toga binaan Pupuk Kaltim tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat Bontang, untuk dapat mengetahui bagaimana proses hingga pembuatan tanaman menjadi obat.

“Setelah kunjungan ini, nantinya dapat memberikan pengembangan baik kepada sekolah SDN 011 maupun kepada Rumah Toga Marifah Herbal untuk pengembangan inovasi yang lebih baru dan kreatif di tempat lain,” harapnya.

Sementara itu, pendamping siswa-siswi SDN 011 Yuliati dalam sambutannya menjelaskan tujuan kedatangan rombongan siswa-siswi SDN 011 Bontang Selatan di Rumah Toga Marifah Herbal, yakni mengenalkan berbagai macam tanaman yang memiliki banyak manfaat dengan dapat dibuat menjadi obat kepada siswa-siswi yang ikut dalam kunjungan tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Pupuk Kaltim dan Marifah Herbal yang telah memfasilitasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan di luar kelas bagi siswa–siswi SDN 011,” ucapnya.

Siswa-siswi yang ikut dalam kunjungan tersebut terlihat sangat senang dengan kegiatan kunjungan tersebut, karena melalui kegiatan tersebut mereka dapat mengenal dan mengetahui berbagai macam tanaman serta manfaatnya yang dapat dijadikan obat–obatan.

Laporan: Yahya

Click to comment
To Top