Berita Kota

Belajar Mengenal Huruf dan Angka Bersama Rumah Baca Calistung

Bontang. Usia dini pada anak merupakan salah satu fase dimana orang tua harus lebih memperhatikan tumbuh kembang dan kecerdasan buah hati. Salah satunya perkembangan otak dengan memperkenalkan huruf atau abjad, serta angka. Pengetahuan dasar inilah yang kemudian menjadi bekal anak untuk bisa membaca, menulis, dan berhitung dengan lancar pada fase selanjutnya.

Pengenalan inilah yang ditawarkan Rumah Baca Calistung, yang berlokasi di di Jl Gajah Kelurahan Belimbing BTN PKT. Rumah baca yang berdiri pada tahun 2013 ini sengaja diperuntukan bagi anak usia dini mulai umur 4 hingga 7 tahun, dengan memberikan materi pengenalan huruf, angka, serta pelajaran membaca pada anak. Rumah baca Calistung buka mulai pukul 3 hingga 6 sore setiap harinya.

“bagaimana anak bisa mengenal abjad serta mulai belajar membaca dan berhitung dengan baik sejak usia dini. Itu yang kami tawarkan melalui metode pembelajaran yang menyenangkan,” ujar Ariana, penggagas sekaligus pemilik rumah baca Calistung.

Saat ini, rumah baca Calistung memiliki murid sebanyak 16 anak, dengan 3 guru pengajar. Tiap guru hanya diperbolehkan mengajar maksimal 5 anak, agar anak cepat mengerti dan memahami materi, serta bisa fokus dalam mengamati perkembangan anak yang diajar. Mengingat setiap anak mempunyai tingkat pemahaman dan bakat yang berbeda – beda.

“Metode belajar kami di rumah baca ini begitu. Jadi tiap guru harus bisa fokus dalam mengajar anak,” tambah Ariana.

Ibu tiga anak ini berharap dengan dibukanya rumah baca Calistung, anak mulai usia dini dapat lebih mudah dalam belajar membaca, menulis, dan berhitung. Sehingga dalam mengenyam pendidikan dengan tingkat lebih tinggi, dapat cepat beradaptasi dengan pelajaran.

“Disini pengenalan itu yang kami berikan. Sehingga anak sudah bisa mengenal huruf dan angka ketika mereka sekolah di TK maupun SD,” pungkasnya.

 

Laporan : Rahma & Priya

Editor : Maya Ch

Click to comment
To Top