Berita Kota

Bekali Calon Jamaah Mandiri, KBIH Baiturrahman Gelar Manasik Haji

Bimbingan haji KBIH Baiturrahman (Foto: Mansur)
Bimbingan haji KBIH Baiturrahman (Foto: Mansur)

Bontang. Sebanyak 70 calon jamaah haji Kota Bontang ikuti manasik haji bersama Badan Pemberdayaan Umat Islam (BPUI) Pupuk Kaltim, melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Baiturahman. Minggu, 13 Mei 2018.

KBIH Baiturahman mengambil sejumlah lokasi di area Pupuk Kaltim sebagai simulasi kawasan haji. Mulai parkiran Masjid Raya Baiturahman simulasi Embarkasi Balikpapan, menuju halaman Rumah Sakit Pupuk Kaltim sebagai bandara Jeddah.

Selanjutnya tugu monumen Pupuk Kaltim disimulasikan sebagai Madinah, dan berlanjut ke Masjid Al-Mubaroq Plan Site perusahaan, sebagai Miqot Abyar Ali. Terkahir kembali ke area Masjid Baiturahman sebagai Mekah. Dan parkiran utara Baiturahman disimulasikan sebagai Maktab atau lokasi penempatan seluruh jamaah haji. Dengan Masjid Baiturahman disimulasikan sebagai Masjidil Haram untuk melakukan tawaf.

Sementara pelataran teras Baiturahman disimulasikan tempat pelaksanaan Sa’i dan Tahalul, begitu pula lapangan parkir stadion BTN disimulasikan sebagai Arofah.

Dilanjutkan Sekolah Alam Baiturahman, disimulasikan sebagai Musdalifah. Serta tempat pemotongan hewan qurban disimulasikan Mina dan tempat melontar jumrah.

“Calon jamaah yang iktu simulasi ini tidak hanya dari keluarga Pupuk Kaltim, juga masyarakat umum. Melalui simulasi ini diharap bisa membimbing jamaah, dan dapat melakukan ibadah haji maupun umroh secara mandiri dengan lancar,” terang Ketua Panitia Manasik Haji KBIH Baiturrahman Soewito.

Dijelaskannya, manasik haji kali ini merupakan pertemuan ke-27, sesuai yang direncanakan KBIH Baiturahman, dengan 26 kali pertemuan dijabarkan secara teori dan praktik dasar. Guna kesiapan fisik dan mental calon jamaah.

Materi teori terdiri dari regulasi dan perhajian, bersama narasumber dari Kantor Kementerian Agama Kota Bontang, serta tentang kesehatan jamaah haji oleh dokter haji yang dianggap memahami kondisi perjalanan ibadah.

“Ditambah 3 orang pembimbing dari KBIH Baiturrahman,” tandasnya.

Ditambahkan Soewito, puncak pelaksanaan manasik bukan kegiatan akhir bimbingan haji KBIH Baiturrahman, sebab selama Ramadan 1439 H para jamaah akan mengikuti pembekalan haji dari para ustad dan mubaligh yang didatangkan BPUI Pupuk Kaltim.

“Harapannya pada pelaksanaan ibadah haji yang sesungguhnya, seluruh calon jamaah haji benar-benar siap secara fisik maupun mental,” pungkasnya.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top