Berita Kota Sains Topik

Balikpapan Masuk Daftar Wilayah Lintasan Gerhana Matahari Total

Bontang. Tanggal 9 Maret 2016, seluruh wilayah Indonesia akan dilewati oleh Gerhana Matahari Total. Lintasan totalitas gerhana 9 Maret 2016 akan melingkupi 11 propinsi di Indonesia yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur,  Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Walaupun jalur totalitas tidak melintasi seluruh Indonesia, masyarakat yang berada di luar jalur totalitas masih bisa menikmati gerhana matahari sebagian yang tidak kalah menarik.

Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti. Mulai dari Palembang, Palangkaraya, Banjarmasih, Balikpapan, Palu, Suasu, Bolaang, Poh, Ternate dan Kobe (Halmahera). Karena gerhana ini juga melewati lautan, tentunya akan sangat menarik bila ada Wisata Bahari mengikuti alur gerhana. Atau berpayung bulan dibawah gerhana.Fenomena langka gerhana matahari total yang terjadi pada Maret nanti memang dinanti semua pihak. Akan ada wisata edukasi astronomi di beberapa daerah Indonesia.

Berdasarkan press release dari Kemenpar, Senin (15/2/2016) Fenomena langka Gerhana Matahari Total atau GMT bukan hanya menarik bagi kaum awam, orang metafisika, dan religius saja. Fenomena alam yang terjadi 350 tahun sekali itu juga menjadi momen penting bagi ilmuwan dan intelektual astronomi.

“Ini juga kesempatan bagi ilmuwan, astronom, intelektual, peneliti untuk mengamati peristiwa di mana matahari dan bulan berada dalam satu garis dengan bumi itu. Jadi wisata pendidikan atau wisata edukasi yang baik bagi bangsa,” jelas Menpar Arief Yahya.

(Berbagai Sumber)

Editor : Kartika Anwar