Home

Badak LNG Bantah Dugaan Penyelewengan Dana Oleh Pihak Yayasan

Senior Manager Korkom PT Badak NGL Busori Sunaryo (foto: aris/pktv)

Bontang. PT Badak NGL membantah tudingan koordinator aksi demo warga perumahan HOP PT Badak NGL Daud Padang, yang menyebutkan adanya dugaan penyelewengan dana subsidi sebesar Rp.4.000.000.0000 oleh pihak Yayasan LNG Badak. Pasalnya, penggunaan seluruh dana yang dikelola oleh yayasan telah melalui proses audit.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Senior Manager Korkom PT Badak NGL Busori Sunaryo, saat dikonfirmasi terkait tudingan tersebut. Busori menjelaskan bahwa PT Badak NGL merupakan perusahaan besar berskala internasional yang selalu berpegang pada prinsip Good Corporate Governance, sehingga praktik kecurangan, korupsi, hingga nepotisme, menjadi hal yang sangat tidak bisa ditolerir lantaran bertentangan dengan prinsip utama perusahaan.

Mengacu pada prinsip tersebut, dirinya berani memastikan tidak ada praktik kecurangan pada pengelolaan dana subsisi ke pihak Yayasan LNG Badak sebagaimana yang ditudingkan. Terlebih berbagai laporan keuangan perusahaan selalu diaudit oleh auditor eksternal.

“Jumlah dana subsidi dari PT Badak NGL yang diberikan kepada pihak yayasan pun sebenarnya tidak mencapai angka Rp.4.000.000.000, melainkan berada jauh dibawah nominal tersebut. Adapun dana subsidi diberikan kepada pihak yayasan untuk menunjang biaya operasional, mulai dari kebersihan hingga keamanan yang harus dikeluarkan dalam mengelola seluruh aset perusahaan yang menjadi tanggung jawab pihak Yayasan LNG Badak,” jelasnya.

Sebelumnya pada aksi demo terkait permasalahan perpindahan suplai listrik perumahan HOP PT Badak NGL ke sambungan PLN yang berlangsung Selasa (2/7/2019), Daud Padang yang merupakan koordinator aksi demo tersebut sempat menyinggung terkait pengelolaan dana subsidi dari PT Badak NGL badak NGL sebesar Rp.4.000.000.000 yang diberikan kepada pihak Yayasan.

Pihaknya mempertanyakan kejelasan realisasi kegiatan dan penggunaan uang tersebut. Daud Padang menduga ada praktik kecurangan dalam proses pengelolaan dana sehingga meminta Yayasan LNG Badak untuk di audit, guna memastikan pengelolaan dana yang diberikan sesuai dan tepat sasaran.

Laporan: Izzani | Aris

 

 

Click to comment
To Top